Sekda Sumsel Edward Candra Dorong BBLKM Jadi Laboratorium Kesehatan Masyarakat yang Berkualitas Tinggi

Rabu 31-07-2024,09:29 WIB
Reporter : Suci Harahap
Editor : Wiwik

SUMEKS.CO - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel, Drs H Edward Candra MH menghadiri kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 51 Balai Besar Laboratorium Kesehatan Masyarakat (BBLKM), di Kantor BBLKM Palembang, Selasa 30 Juli 2024.

Dalam kata sambutannya, Pj Sekda Edward menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke 51 kepada jajaran pejabat struktural dan fungsional, serta segenap karyawan/karyawati BBLKM Palembang.


peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 51 Balai Besar Laboratorium Kesehatan Masyarakat (BBLKM)--

Ia Pun berharap dan terus mendorong BBLKM PLG semakin maju dan mendapat tempat di masyarakat Indonesia terkhusus wilayah Sumatera Selatan sebagai laboratorium Kesehatan masyarakat yang berkualitas tinggi. 

Lebih jauh, Edward mengatakan berdasarkan data dari WHO tahun 2022 menunjukkan jutaan orang meninggal setiap  tahun akibat Hepatitis B. Sebanyak 253 juta orang terinfeksi Hepatitis B dan 1,1 juta diantaranya meninggal dunia. 

BACA JUGA:Pj Sekda Pemprov Sumsel Edward Candra Hadiri Penutupan Simulasi Pelatihan Pencegahan Karhutla

BACA JUGA:Pj Sekda Edward Candra Hadiri Penutupan Simulasi Pelatihan Pencegahan Karhutla Wilayah Sumsel

Di Indonesia sendiri sekitar 6,7 Juta penduduk hidup dengan hepatitis B kronik, sebanyak 62 infeksi baru hepatitis terjadi setiap hari dengan 165 angka kematian setiap harinya. 

Sedangkan cakupan diagnosis hepatitis di Indonesia masih rendah, hanya sekitar 3% orang dengan hepatitis B kronik yang tahu dirinya terinfeksi,  Kurang dari 1% orang dengan hepatitis B kronik yang mendapatkan pengobatan. 

"Maka dari itu melalui kegiatan skrining Hepatitis yang dilakukan hari ini kita harap dapat meningkatkan cakupan diagnosis sebagai Upaya deteksi dini terhadap penyakit hepatitis B," jelas Edward. 

Adapun dalam pelaksanaan kegiatan Skrining pemeriksaan Hepatitis B secara serentak yang melibatkan 5 provinsi (Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, lampung dan Kepulauan Bangka Belitung) serta 2 organisasi profesi yakni Patelki dan IBI merupakan hal luar biasa yang menjadi pencapaian BBLKM Palembang. 

BACA JUGA:Ajak Mantan Sekda Pagar Alam Berpasangan Alpian Maju Pilkada Pagaralam 2024-2029

BACA JUGA: Pria di Pelosok Desa Lahat Sediakan Narkoba Paket Komplet dalam Pondok, Polisi Temukan Barang Bukti Ini

"Pemprov sangat mengapresiasi hal itu, selanjutnya dengan pemecahan rekor MURI yang menambah semarak kegiatan HUT BBLKM Palembang tahun ini," ujar Edward. 

Pada kesempatan itu, Edward juga kembali mengingatkan  mengenai pentingnya peranan laboratorium dalam berbagai program dan Upaya Kesehatan. 

Kategori :