Wakapolda Sumsel Tutup Pelatihan Pengamanan dan Pengawalan VIP Pilkada Serentak 2024

Minggu 28-07-2024,11:22 WIB
Reporter : edho
Editor : Edward Desmamora

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Wakapolda Sumsel Brigjen M Zulkarnain menutup secara resmi dua pelatihan personel yakni pelatihan pengamanan pengawalan (Pamwal) VIP dan sekaligus pelatihan penanganan kebakaran hutan, kebun dan lahan (karhutla).

Latihan pengamanan, pengawalan VIP dan latihan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan dikhususkan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan personel sesuai yang sudah direncanakan kegiatannya oleh Polda Sumsel, sehingga personel memiliki kemampuan dalam rangka Pamwal VIP melekat calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah. 

Demikian pula setiap personel polri perlu memiliki kemampuan dan keahlian dalam tugas penanggulangan kebakaran hutan, kebun dan lahan.

Peserta pelatihan Pamwal VIP sebanyak 127 personel, dengan peruntukan pengawalan lalu lintas, pengawalan pribadi (Walpri), Staff pribadi (Sepri)​​, Pam Ketua dan Komisioner KPU​ serta Pam Ketua dan Komisioner Bawaslu dengan indtruktur dari Ditlantas, Sat Brimob dan Bid Dokkes Polda. 

BACA JUGA:Pj Sekda Pemprov Sumsel Edward Candra Hadiri Penutupan Simulasi Pelatihan Pencegahan Karhutla

BACA JUGA:Antusias 250 Personel TNI/Polri Ikuti Pelatihan Teknik Penanggulangan Karhutla dari Manggala Agni

Sedangkan peserta pelatihan penanggulangan karhutla sebanyak 250 personel (200 Polri dan 50 TNI​​​) dengan instruktur dari Manggala Agni.

Pelatihan digelar selama seminggu untuk Pamwal VIP dan tiga hari untuk penanggulangan karhutla, diselenggarakan di kompleks Jakabaring Sport Center Palembang.


Pelatihan pengaman dan pengawalan VIP terhadap calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah. -Foto: dokumen/sumeks.co-

Wakapolda yang membacakan amanat Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo mengatakan maksud dilaksanakannya pelatihan untuk mempersiapkan kemampuan personel, kemampuan menggunakan peralatan khusus serta menyamakan persepsi cara bertindak dilapangan.

“Memastikan kesiapan personel dan perlengkapan yang akan diterjunkan dalam pengamanan dan pengawalan VIP terhadap calon kepala daerah yang akan berkompetisi pada kegiatan Pilkada serentah tahun 2024. Selain untuk meningkatkan kemampuan teknis kepada para personel polri yang akan dilibatkan dalam satgas pencegahan dan penanganan karhutla di wilayah Provinsi Sumsel tahun 2024,” ujarnya.

BACA JUGA:Antisipasi Serangan dan Ancaman di Mako, Polrestabes Palembang Gelar Simulasi Pengamanan

BACA JUGA:Bantu Pengamanan dan Pengelolaan Aset, PT KAI Apresiasi Polda Sumsel dan BPN

Pada tahun 2024 ini, menurutnya Polda Sumsel akan dihadapkan pada dua agenda kamtibmas penting yang menjadi perhatian bersama yakni pesta demokrasi Pilkada Serentak dengan semua dampak kerawanan yang perlu menjadi perhatian, salah satunya perlunya pengamanan fan pengawalan VIP calon kepala daerah.

Kedua adanya agenda tahunan yang menjadi perhatian nasional bahkan internasional yakni kebakaran hutan dan lahan.

Kategori :