Antusias 250 Personel TNI/Polri Ikuti Pelatihan Teknik Penanggulangan Karhutla dari Manggala Agni

Jumat 26-07-2024,14:33 WIB
Reporter : edho
Editor : Edward Desmamora

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sebanyak 250 personel TNI/Polri Polda Sumsel antusias mengikuti materi yang disampaikan dari nara sumber Manggala Agni KLH Republik Indonesia.

Antusias peserta dari Anggota TNI /Polri tersebut karena diajak praktek langsung cara memasang peralatan pemadam kebakaran mulai penggunaan selang, hingga menghidupkan mesin air serta praktek menggulung selang air, pelaksanaan cara pemadaman api.

"Lalu dilanjutkan dengan praktek langsung ke lokasi dari sumber air ketitik api," ucap Zulkarnain salah satu narasumber dari Manggala Agni KLH Republik Indonesia saat dimintai keterangan wartawan Jumat 26 Juli 2024, di lapangan Shooting range Jakabaring Sport City Palembang (JSC).

Menurut Zulkarnain, memadamkan api di hutan adalah tugas yang sangat penting untuk mencegah kebakaran hutan yang merusak. 

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Pimpin Rakor Aktivasi Posko Pengendalian Karhutla 2024

BACA JUGA:Pj Gubernur Elen Setiadi Serap Aspirasi Cipayung Plus Soal Karhutla dan Illegal Drilling di Sumsel

Berikut adalah beberapa teknik yang dapat digunakan untuk memadamkan api di hutan yakni

Perama, Pemisahan Api. Usahakan untuk memisahkan api dari area yang belum terbakar. Ini dapat dilakukan dengan membuat parit atau garis api yang dapat menghentikan penyebaran api.


Sebanyak 250 personel TNI/Polri Polda Sumsel antusias mengikuti materi teknik penanggulangan Karhutla dari Manggala Agni.-Foto: dokumen/sumeks.co -

Kedua, Penyiraman Air. Gunakan peralatan seperti selang air, pompa air, atau helikopter dengan bejana air untuk menyiram api. Ini adalah cara paling efektif untuk memadamkan api yang lebih besar.

Pemotongan Bahan Bakar. Hapus bahan bakar potensial yang dapat membuat api berkobar. Ini termasuk menghapus ranting kering, rumput kering, dan vegetasi yang dapat mudah terbakar.

BACA JUGA:Masuk Musim Kemarau, Polres OKI Doa Bersama Mohon Terhindar dari Bahaya Karhutla

BACA JUGA:Polsek Jejawi Mulai Patroli Antisipasi Karhutla di Sejumlah Titik

Keempat, Penggunaan Alat Berat: Alat berat seperti traktor dan ekskavator dapat digunakan untuk menciptakan garis pemisahan api dengan menghapus vegetasi dan menciptakan parit.

Kelima, Pemadaman Udara: Helikopter dan pesawat pemadam kebakaran dapat digunakan untuk menjatuhkan air atau bahan pemadam api ke area yang terbakar.

Kategori :