Ini Alasan Mengapa PS5 Tidak Laris Seperti PS4 Setelah 4 Tahun Peluncurannya?

Selasa 23-07-2024,08:00 WIB
Reporter : Arip muhtiar
Editor : Rappi Darmawan

SUMEKS.CO - PS5 besutan Sony adalah salah satu game konsol paling menarik yang pernah ada. Konsol ini memiliki kontroler yang fantastis, tapi anehnya kok nggak selaris PS4 dipasaran?

Padahal PS5 sangat kuat dan mampu menjalankan game yang sangat indah. Jadi mengapa penjualannya tidak melampaui PlayStation 4 setelah hampir empat tahun keberadaannya?

Bayangkan saja, sejak PS4 rilis mereka telah terjual sebanyak 100 juta unit hingga 31 Maret 2024, sedangkan PS5 hanya terjual sebanyak 59 juta unit. 

Lantas apa yang menyebabkan PlayStation terbaru Sony justru tidak laku keras seperti varian sebelumnya? Faktornya tentu ada pada beberapa hal, entah itu kelangkaan yang hampir tak pernah berakhir atau kurangnya aplikasi yang hebat. 

BACA JUGA:PlayStation Portal Baru, Main Game PS5 dalam Genggaman

BACA JUGA:Rumor, Sony Segera Merilis PS5 Pro Pada Tahun 2024, Simak Upgrade Spesifikasinya!


PS5 sangat kuat dan mampu menjalankan game yang sangat indah. Jadi mengapa penjualannya tidak melampaui PlayStation 4 setelah hampir empat tahun keberadaannya?--

PS5 sendiri memang secara teknis tampak mengesankan, tetapi masalah muncul dari awal atau paling mendasar: apa yang bisa dimainkan di dalamnya?

Pertanyaan yang paling mendasar untuk menjawab kenapa PS5 tidak laris adalah ada berapa banyak game eksklusif yang dapat dimainkan di PlayStation 5? 

Sekali lagi, ada berapa banyak game yang hanya bisa dimainkan ekslusif di PlayStation 5? Sampai saat ini, hanya ada 17 game. Selain itu semua game bisa dimainkan di PS4, jadi buat apa upgrade?

BACA JUGA:Sony Bravia X90L, Rekomendasi TV 4K Paling Mantap yang Dapat Customer Beli di Tahun 2024

BACA JUGA:Samsung Galaxy Book 3 Ultra: Laptop Non-game tapi Mumpuni untuk Libas Game Paling Berat

Selain itu,  judul-judul game yang diluncurkan tidak benar-benar memiliki faktor "wow" yang dapat menjual PS5 ini, tidak satu pun dari 17 game ini yang memiliki daya tarik tersendiri.

Bukan bermaksud menyinggung game seperti Final Fantasy VII Rebirth atau Spider-Man 2. Kedua game itu fantastis, tetapi bukan jenis pengalaman yang membenarkan atau menjual dari keberadaan PS5.

Secepat dan sehebat apa pun game PS5, tidak ada satu pun dari game itu yang benar-benar terasa seperti hanya mungkin dimainkan di PS5. Ini adalah faktor ekslusifitas.

Kategori :