Lupa PIN BRImo? Jangan Panik! Begini Cara Cepat Membuat PIN Baru

Sabtu 20-07-2024,18:37 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

SUMEKS.CO - Cyber crime atau kejahatan siber makin merajalela. Lengah sedikit saja, fatal akibatnya. Tabungan bisa dikuras, bahkan data-data pribadi kita bisa diperjualbelikan. 

PIN adalah salah satu benteng untuk menjaga akun kita dari hal-hal yang tidak diinginkan. Khusus akun keuangan seperti akun mobile banking, wajib menggunakan PIN yang kuat dan mudah diingat agar tabungan tetap terjaga. 

Tetap Jaga Kerahasiaan dan Keamanan PIN

Untuk menjaga keamanan akun mobile banking, kerahasiaan PIN tidak bisa ditawar. Jangan pernah memberikan informasi PIN kepada siapa pun dan di mana pun, kecuali pada orang yang benar-benar bisa Anda percaya. 

BACA JUGA:Jemaah Haji yang Masih Dirawat di Rumah Sakit Saudi, Tetap Jadi Tanggung Jawab Pemerintah

BACA JUGA:Terungkap Motif Pembunuhan Terhadap Napi Lapas Merah Mata, Korban Tak Mau Diatur di Kamar Hunian

Tidak dianjurkan untuk mencatat PIN karena ada risiko dibaca oknum yang berniat buruk. Guna mencegah orang lain mengintip ketika Anda memasukkan PIN di ATM atau tempat umum lainnya, tempered glass dengan fitur anti spy bisa menjadi pilihan. 

Selain itu, jangan gunakan PIN yang mudah ditebak. PIN “gampangan” seperti 123456 atau 000000 adalah kesempatan emas bagi komplotan penjahat.

Tanggal penting seperti tanggal lahir dan tanggal pernikahan juga sebaiknya dihindari, karena ada pihak lain yang mungkin juga mengetahui tanggal-tanggal tersebut.

Pastikan PIN Anda benar-benar acak namun tetap mudah diingat. Ingat, lebih baik mencegah daripada menyesal saat terjadi musibah.

BACA JUGA:Puncak Kemarau Diprediksi Juli-Agustus, BMKG Bagikan Tips Biar Tahan Cuaca Panas Ekstrem

BACA JUGA:Kajian E-Service Quality dan Pemasaran Sektor Pulik Sistem OSS RB

Tentu saja ada kemungkinan suatu hari Anda melupakan PIN. Tapi para pengguna aplikasi mobile banking BRImo tak perlu galau.

Sebab PIN BRImo bisa diatur ulang dengan mudah, dan bisa dilakukan dari BRImo sendiri. Sehingga tidak perlu repot-repot datang ke cabang bank atau menghubungi customer service.

Berikut langkah-langkah praktis untuk membuat PIN baru aplikasi BRImo:

  1. Login akun BRImo
  2. Pilih "Akun"
  3. Klik "Keamanan"
  4. Klik "Ubah PIN"
  5. Pilih "Lupa PIN"
  6. Masukkan password dan akun BRImo Anda
  7. Verifikasi No. HP dengan memasukkan kode yang dikirim melalui SMS BRI-OTP
  8. Buat PIN baru dan lakukan konfirmasi
  9. PIN berhasil diubah!
Kategori :