Masuk 50 Besar ADWI, Desa Wisata Gunung Dempo Dinilai Kemenparekraf

Selasa 16-07-2024,14:23 WIB
Reporter : Ald
Editor : Zeri

PAGARALAM, SUMEKS.CO – Inspektur Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Bayu Aji, bersama Dewan Juri Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024, melakukan visitasi ke Desa Wisata Gunung Dempo di Kota Pagaralam, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). 

Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan ADWI 2024 yang bertujuan untuk menilai dan mengapresiasi desa-desa wisata yang berprestasi di seluruh Indonesia.

Bayu Aji mengungkapkan kebanggaannya bahwa dari sembilan desa yang mendaftar dari Kota Pagaralam, Desa Wisata Gunung Dempo berhasil masuk dalam kategori 50 besar ADWI 2024.

"Alhamdulillah, dari 123 desa wisata yang terdaftar dari berbagai provinsi, Desa Wisata Gunung Dempo ini masuk dalam kategori 50 besar ADWI 2024," jelasnya selasa 16 Juli 2024.

BACA JUGA:Festival Tegal Mulyo: Apresiasi untuk Desa Wisata di Musi Banyuasin, Catat Tanggalnya!

BACA JUGA:Pemerintah Akselerasi Sertifikasi Halal Produk Makanan-Minuman di 3.000 Desa Wisata

Ia memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Pagaralam dan para penggiat wisata yang telah bekerja keras untuk mencapai prestasi ini.

Dalam kunjungannya, Bayu Aji menekankan pentingnya faktor keamanan dalam pengembangan pariwisata.


--

Ia mengapresiasi kerja sama antara Polres Kota Pagaralam, TNI, dan Pemerintah Kota Pagaralam dalam menjaga keamanan. "Pariwisata tidak akan berhasil jika dari sisi keamanan tidak menjamin, namun, Alhamdulillah, di Kota Pagaralam ini, pihak Polres dan TNI mau bekerjasama dengan Pemkot Pagaralam dalam menjaga keamanan, sehingga para pengunjung atau wisatawan bisa dengan nyaman untuk berwisata," ujarnya.

Selain itu, Bayu Aji juga memuji kekayaan budaya dan alam yang dimiliki oleh Kota Pagaralam. 

BACA JUGA:Berwisata ke Pagaralam, Kurang Pas Sebelum Mencoba Sensasi Fenomena Alam Unik Dempo Magnet

BACA JUGA:Bukan Palembang, Pemukiman Kecil di Kaki Gunung Dempo ini Awal Misionaris Kristen Menapak di Sumsel

Menurutnya, dengan adanya akses jalan tol dari Palembang yang sedang dalam proses pembangunan, pariwisata di Kota Pagaralam akan semakin maju. 

"Sebenarnya Kota Pagaralam ini lengkap, karena dari sisi budaya serta alamnya sangat mendukung sekali. Apalagi nantinya kalau akses jalan tol dari Palembang sudah selesai, saya yakin pariwisata di Kota Pagaralam ini akan semakin maju," ungkapnya.

Kategori :