15 Kloter Menuju Madinah: Operasional Haji di Makkah Berakhir, Menuju Babak Baru di Kota Nabi

Sabtu 13-07-2024,20:41 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

SUMEKS.CO - Pemulangan jamaah haji sudah berangsur-angsur kembali ke tanah air masing-masing. Dimana jamaah haji Indonesia pun masih tersisa sedikit di tanah suci untuk kembali ke tanah air. 

Dimana hari ini ada sebanyak 15 kloter jamaah haji diberangkatkan dari Makkah menuju Madinah. Yakni untuk beribadah dan ziarah ke Raudhah dan sejumlah tempat lainnya di Kota Madinah.

Jadi, untuk operasional di Makkah berakhir. Dimana kloter-kloter tersebut menutup pemberangkatan jamaah haji Gelombang II menuju Kota Madinah, sekaligus menandai berakhirnya layanan penyelenggaraan ibadah haji Daerah Kerja Makkah tahun ini.

Hal ini dikatakan Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda di Jakarta.

BACA JUGA:Debarkasi Palembang Sisakan 2 Kloter, 7.586 Jemaah Haji Asal Sumsel dan Babel Sudah Kembali ke Tanah Air

BACA JUGA:SELAMAT! Jemaah Haji Kloter 16 Tiba di Palembang, Pulang Bawa Predikat Kloter Terbaik di Maktab

"Jadi dengan sejumlah kloter jamaah haji menuju Madinah. Maka dengan begitu berakhirnya layanan haji di Makkah. Jadi seluruh layanan jamaah haji Indonesia akan terkonsentrasi di Madinah," terang Widi dalam keterangan resmi Kemenag, Sabtu, 13 Juli 2024.

Disampaikan Widi, setelah sejumlah jamaah di Madinah lalu selanjutnya para jamaah haji ini akan dipulangkan ke Tanah Air dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. 

Masih kata Widi, setelah seluruh jamaah didorong ke Madinah, sejumlah layanan haji di Makkah juga berakhir. Yaitu seperti layanan bus shalawat, layanan konsumsi, layanan kesehatan, baik di sektor maupun di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

Lanjutnya, untuk penanganan untuk jamaah yang masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) akan dilaksanakan hingga 23 Juli 2024.

BACA JUGA:1 Jemaah Haji Ogan Ilir Masih Dirawat di Madinah, Wakil Bupati Ajak Warga Berdoa Demi Kesembuhan

BACA JUGA:Melindungi Kesehatan Jemaah, 62 Ton Obat Siap Menemani Ibadah Haji 2024

"Jika jamaah dinyatakan sembuh di RSAS, mereka akan dievakuasi oleh tim KKHI Makkah dan KKHI Madinah," tegasnya. 

Sambung Widi, hingga kemarin, jamaah yang masih dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) berjumlah 22 orang dan di Rumah Sakit Arab Saudi 54 orang. 

"Kita tetap berpesan menanti kepulangan ke Tanah Air, selain tetap menjaga kesehatan tubuh, jamaah diimbau untuk tetap memperhatikan kapasitas dan berat koper bagasi masing-masing," ungkapnya. 

Kategori :