167 Bintara Lulusan Diktuba Polri SPN Betung Dilantik dan Disumpah, Ini Harapan Kapolda Sumsel

Jumat 12-07-2024,07:17 WIB
Reporter : edho
Editor : Edward Desmamora

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo memimpin upacara pelantikan dan pengambilan sumpah kepada 167 Bintara Diktuba Polri gelombang I TA 2024 bertempat di SPN Betung Polda Sumsel Jalan Taja Jaya Raya I, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin, Kamis 11 Juli 2024.

Pelantikan Bintara Diktuba Polri menandai berakhirnya seluruh rangkaian pendidikan pembentukan Bintara Polri gelombang I tahun anggaran 2024, yang selanjutnya secara resmi siap untuk diterjunkan ke masyarakat dalam pelaksanaan tugas sebagai anggota kepolisian.

“Dengan mengucapkan ‘Alhamdulillahi robbil aalamiin, pada hari ini Kamis tanggal 11 Juli 2024 pukul 09.45 WIB Pendidikan Pembentukan Bintara Polri gelombang pertama tahun anggaran 2024 secara resmi saya nyatakan ditutup,” tegas Kapolda Rachmad Wibowo.

Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo yang membacakan amanat Kalemdiklat Polri Komjen Pol Drs Purwadi Arianto Msi mengucapkan selamat kepada ratusan Bintara Polri yang telah lulus pendidikan dengan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda), agar menjadi sosok Polri yang Presisi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

BACA JUGA:277 Casis Diktuba Polri SPN Betung Dapat Arahan Langsung Kapolda Sumsel, Simak

BACA JUGA:1.325 Orang Calon Bintara dan Tamtama Polda Sumsel Lulus, Lanjut Rikkes Tahap II, Ini Rinciannya

“Pada diri saudara telah melekat berbagai tugas, kewajiban dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara negara. Berikan dedikasi terbaik kepada institusi Polri, masyarakat, bangsa dan negara. Syukuri, ini merupakan jawaban dari doa yang tulus para orang tua dan keluarga,” ujarnya.

Mengusung tema ‘Pendidikan Dan Pelatihan Yang Melayani Untuk Polri Presisi’ dimaksudkan untuk menciptakan sumber daya manusia Polri dari awal mulai pendidikan pembentukan dan pelatihan. 


Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo memimpin upacara pelantikan dan pengambilan sumpah.-Foto: dokumen/sumeks.co-

“Standar kompetensi lulusan dan penjabaran kurikulumnya mempunyai muatan agar mampu memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sejatinya yang menjadikan tugas dan fungsi saudara sebagai Bhayangkara yaitu memelihara Kamtibmas, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta menegakkan hukum untuk menciptakan rasa aman dan keadilan,” lanjutnya.

Kapolda mengingatkan bahwa waktu 5 bulan pendidikan merupakan waktu yang singkat, oleh karenanya dirinya meminta agar para Bintara terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan situasi, tantangan tugas yang akan dihadapi.

BACA JUGA:5 Polwan Bintara Cantik Polda Sumsel Lulus Terpilih Calon Perwira SIP, Ini Nama dan Asal Satkernya

BACA JUGA:Ratusan Siswa Bintara Ikuti Diktuk Bintara Polri di SPN Betung, Begini Harapan Kapolda Sumsel

“Implementasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah saudara peroleh selama mengikuti pendidikan, terus kembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam mendukung pelaksanaan tugas. Jangan pernah berhenti belajar, berlatih, mengembangkan ilmu dengan memperbanyak referensi dan literasi. Tanamkan semangat kejuangan dan stamina fisik yang prima, bangun jaga karakter sebagai Bhayangkara. Selalu dekatkan diri ke masyarakat melalui pelayanan empati dan tidak menyakiti hati masyarakat tanpa meninggalkan nilai disiplin, loyalitas dan integritas,” pesannya.

Jenderal bintang dua dipundak itupun berpesan agar para Bintara ini tidak mencederai kehormatan orang tua dan keluarga, serta menjaga nama baik institusi kepolisian, bertindak sesuai dengan pedoman kepolisian agar terhindar dari tindakan yang merugikan.

Kategori :