Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, Pj Bupati Muara Enim Dukung Unit Siaga SAR

Kamis 11-07-2024,06:02 WIB
Reporter : Ozy
Editor : Rahmat

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Pembangunan Unit Siaga SAR di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, diharapkan dapat membawa dampak positif dalam meningkatkan kesigapan dan efektivitas dalam merespon situasi darurat dan kemanusiaan di wilayah tersebut. 

Ini menunjukkan komitmen untuk memperkuat keselamatan dan keamanan masyarakat serta mendukung upaya Badan SAR Nasional (Basarnas) dalam menyediakan bantuan darurat yang cepat dan efektif.

Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., menyampaikan dukungannya untuk pembangunan Unit Siaga SAR di Muara Enim saat menerima audiensi dari Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Palembang, Raymond Konstantin SE beserta jajaran di Ruang Rapat Bupati Muara Enim pada tanggal 10 Juli 2024.

Dukungan ini menunjukkan komitmen Pemkab Muara Enim untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dan situasi darurat di wilayahnya.

BACA JUGA:Memastikan Kesehatan Narapidana, Tim Yantawatkeshab Kanwil Kumham Sumsel Tinjau Lapas Narkotika Muara Beliti

BACA JUGA:PBS Melakoni Laga Hidup Mati di Putaran Kedua Final Four, Ali Joni: Optimis Demi Tiket Grand Final!

Pembangunan Unit Siaga SAR diharapkan dapat mempercepat respon dan meningkatkan efektivitas operasi penyelamatan, sehingga dapat meminimalisir korban jiwa dan kerugian materi.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali didampingi Kepala BPBD Kabupaten Muara Enim, Abdul Roziq Putra ST MT., menerima piagam penghargaan atas partisipasi aktif sebagai mitra kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Palembang.

Pj Bupati Muara Enim, Ahmad Rizali, memang menyambut baik rencana pembangunan Unit Siaga SAR di wilayahnya. 

Kabupaten Muara Enim memang termasuk daerah yang rawan terhadap berbagai jenis bencana alam, seperti longsor, banjir, orang tenggelam, kebakaran pemukiman dan karhutla.

BACA JUGA:Tak Usah Panik, Lupa Username dan Password BRImo? Ikuti Langkah Mudah Ini untuk Memulihkannya!

BACA JUGA:Viral Susu UHT Tak Dingin Emak-emak Murka Minta Uang Balik Sekaligus Ongkos Datang Ke Supermarket

Kehadiran Unit Siaga SAR di Kabupaten Muara Enim diharapkan dapat membawa banyak manfaat dalam hal penanganan bencana alam.

Keberadaan berbagai potensi bencana alam di Kabupaten Muara Enim ini menjadi alasan penting mengapa pembangunan Unit Siaga SAR di wilayah tersebut sangatlah penting.

Unit SAR ini diharapkan dapat mempercepat respon dan meningkatkan efektivitas operasi penyelamatan, sehingga dapat meminimalisir korban jiwa dan kerugian materi akibat bencana alam.

Selain itu, perlu dilakukan upaya-upaya pencegahan bencana, seperti penanaman pohon di daerah rawan longsor, pembangunan sistem drainase yang memadai, dan edukasi masyarakat tentang keselamatan dan penanggulangan bencana.

BACA JUGA:Waduh.. Sebut Nama Presiden Jokowi Pasca Dibebaskan, Pegi Setiawan Dianggap Blunder, Ada Apa?

BACA JUGA:Detik-detik Terduga Copet di Bus Trans Jatim Koridor 2 Minta Maaf, Netizen Tanya Dibawa ke Polisi Nggak?

Dengan upaya-upaya yang komprehensif, diharapkan Kabupaten Muara Enim dapat menjadi daerah yang lebih tangguh dan siap menghadapi berbagai potensi bencana alam.

"Hadirnya Unit Siaga SAR bisa membantu proses pencarian orang, penyelamatan nyawa orang atau semua hal yang menyangkut jiwa manusia," pungkasnya.

Secara keseluruhan, pembangunan Unit Siaga SAR di Kabupaten Muara Enim merupakan langkah yang tepat dan strategis untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan efektivitas  penanggulangan bencana di wilayah tersebut.

Kategori :