Perbedaan Smart TV dengan Android TV, Mana yang Lebih Baik untuk Ruang Keluarga?

Kamis 11-07-2024,08:52 WIB
Reporter : Arip muhtiar
Editor : Rappi Darmawan

SUMEKS.CO - Android TV memang sudah menjadi semakin populer saat ini, namun secara teknis Android TV tetaplah masih termasuk ke dalam jenis Smart TV. 

Android TV biar bagaimanapun tetap memenuhi definisi sebagai Smart TV dan menawarkan semua kemampuan tambahan yang diharapkan dari Smart TV, bedanya Android TV dilengkapi lebih banyak fitur tambahan.

Satu-satunya perbedaan nyata dari Android TV dari Smart TV adalah bahwa Android, yang dimiliki oleh Google, memiliki OS sendiri dan oleh karena itu merek-nya pun sendiri.

Sementara Smart TV sekadar televisi yang mampu melakukan banyak fungsi lebih dari sekadar TV biasa. Selain memutar program TV reguler atau terhubung ke DVD atau pemutar Blu-Ray, mereka juga dapat terhubung dengan layanan yang sudah terinstal.

BACA JUGA:Smart TV Terbaik untuk Jelajahi Layanan Hiburan Streaming Pada Tahun 2024

BACA JUGA:Disney+ Hotstar Resmi Hadir Di Smart TV LG


Meskipun kedua jenis TV memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tapi Android TV masih lebih baik. Hal ini berkaitan dengan fakta bahwa Android TV lebih murah dan memiliki akses yang jauh lebih besar ke berbagai aplikasi.--

Namun demikian, fungsi paling menonjol dari Smart TV adalah kemampuannya untuk terhubung ke internet baik secara nirkabel maupun melalui kabel ethernet dan menyampaikan konten melalui internet.

Jadi dapat dipahami bahwa Android TV tetaplah bagian dari jenis Smart TV, secara teknis, tetapi masih ada perbedaan. Mari kita lihat apa yang benar-benar membenarkan Android TV dengan Smart TV.

Pertama, Smart TV menggunakan jenis OS apa pun selain Android. Contohnya termasuk Tizen, Smart Central, webOS, dan lainnya. Dan untuk aplikasi populer seperti Netflix atau YouTube, Smart TV juga memiliki pilihan yang baik.

BACA JUGA:Samsung Tampilkan Televisi Seperti Sepotong Kaca di CES 2024, Netizen Nilai Ini Cikal Bakal Tablet Bening

BACA JUGA:Menurut Feng Shui, Meletakkan Televisi di Kamar Tidur Ternyata Bisa Bikin Energi Negatif, Kok Bisa?

Berbagai OS akan memiliki app store khusus mereka sendiri di mana lebih banyak perangkat lunak yang sudah dapat diunduh dan diinstal.

Namun, ada beberapa model Smart TV yang tidak dapat mengunduh aplikasi baru. Smart TV reguler juga menerima pembaruan firmware lebih jarang.

Dibandingkan dengan Android TV, Smart TV memiliki jumlah aplikasi yang jauh lebih sedikit dan oleh karena itu kurang serbaguna.

Kategori :