PJ Bupati Banyuasin Audiensi ke Menkes RI, Ini Hasilnya

Rabu 10-07-2024,14:55 WIB
Reporter : Zeri
Editor : Zeri

BANYUASIN, OKI NEWS - Penjabat Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam, didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin dr. Rini Pratiwi, M.Kes, melakukan audiensi dan koordinasi dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Gedung Adhyatma Cut Meutia, Jakarta. Selasa sore, 9 Juli 2024

Dalam pertemuan tersebut, Pemkab Banyuasin, melalui PJ Bupati Hani Syopiar Rustam, mengusulkan pengembangan sarana dan prasarana kesehatan di Bumi Sedulang Setudung.

"Kami mengusulkan langsung kepada Pak Menteri Kesehatan untuk pengembangan sarana dan prasarana kesehatan di Banyuasin, seperti puskesmas, rumah sakit, dan lain sebagainya," ujar Hani Syopiar Rustam yang didampingi oleh Kadinkes Banyuasin Rini Pratiwi.

Harapannya, usulan tersebut dapat disetujui dan segera ditindaklanjuti oleh Menteri Kesehatan, sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat Banyuasin dapat lebih mudah diakses.

BACA JUGA:Nama Alfi Masuk Bursa Pilkada Banyuasin, Dikabarkan Bakal Dampingi H Slamet Somosentono

BACA JUGA:Siap-siap! Pejabat Eselon II Pemkab Banyuasin Bakal Digeser, Ada Apa?

"Alhamdulillah, hasilnya disambut baik dan positif oleh Pak Menteri," jelas Hani.

Kabupaten Banyuasin memiliki geografis daerah perairan dan wilayah yang terpencil dari fasilitas kesehatan, sehingga akses masyarakat terhadap layanan kesehatan menjadi sulit.

Untuk mengatasi masalah ini, Kadinkes Banyuasin Rini Pratiwi menambahkan bahwa pihaknya melakukan program dokter masuk desa agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan secara merata. "Program tersebut telah terbukti membantu masyarakat," ucapnya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menekankan bahwa pembangunan rumah sakit ke depannya tidak akan tersentralisasi, melainkan akan menyebar di setiap sudut dan penjuru kecamatan di Kabupaten Banyuasin.

BACA JUGA:Pj Bupati Banyuasin Minta PDAM Tirta Betuah Benahi Soal Penghambat Distribusi Air Bersih

BACA JUGA:Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Jadi Tamu di Mudzakarah Ahlul Halli Wal Aqdi Banyuasin

"Intinya, fasilitas kesehatan dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat, karena jika pembangunan tersentral, justru tidak efektif," ujarnya.

Budi juga menambahkan bahwa Kementerian Kesehatan akan membantu fasilitas kesehatan untuk mendukung Pemkab Banyuasin dalam upaya memudahkan masyarakat memperoleh layanan kesehatan yang layak.

Saat ini, Pemkab Banyuasin telah memiliki tiga rumah sakit pratama, yaitu RS Pratama Sukajadi, RS Pratama Makarti Jaya, dan RSUD Banyuasin.

Kategori :