Kilang Pertamina Internasional Raih Rekor MURI, Peragakan Pemadaman Api Dengan Personel Terbanyak

Rabu 10-07-2024,20:52 WIB
Reporter : Fadly
Editor : Zeri

PALEMBANG, SUMEKS.CO -  PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) sebagai Subholding Refining & Petrochemical terus berkomitmen pada aspek-aspek HSSE, terutama dalam aspek Safety di kilang sebagai salah satu unit bisnis Pertamina yang paling high risk.

Memperingati Hari Pemadam Kebakaran Internasional (International Fire Fighters Day) 2024, PT KPI berupaya memperluas edukasi kepada publik tentang pentingnya aspek HSSE, terutama bagi komunitas masyarakat.

Rabu (10/7/2024), digelar pencapaian Rekor MURI pada peragaan pemadaman api dengan personel terbanyak, yang digelar secara serentak di seluruh Refinery Unit (RU) dan anak perusahaan PT KPI, termasuk salah satunya di RU III Plaju di Palembang, Sumatera Selatan.

Total 1300 peserta dari seluruh Indonesia tercatat dalam capaian Rekor MURI ini. 

BACA JUGA:Sinergitas Kilang Pertamina Plaju-Pemprov Sumsel, Bangun Taman Rawa Pertama di Indonesia di Kawasan JSC

BACA JUGA:PT Kilang Pertamina Internasional RU III Plaju Bangun Taman Keanekaragaman Hayati di Komplek JSC

Di Plaju sendiri, tercatat sebanyak 200 peserta, terdiri dari masyarakat sekitar, mahasiswa, serta kelompok UMKM binaan Kilang Pertamina Plaju.

Direktur Operasi PT KPI Didik Bahagia mengatakan, pelaksanaan pemadaman api dengan peserta terbanyak ini, diharapkan seluruh peserta mendapat pengalaman langsung serta wawasan terkait emergency dan penanggulangan keadaan darurat seperti kebakaran, dan menghindari kepanikan jika hal serupa terjadi di lingkungan masing-masing.

"PT KPI melaksanakan kegiatan ini, Alhamdulillah diberikan apresiasi dalam pelaksanaannya yang akhirnya didaftarkan Rekor Muri, Pesertanya ada dari internal, masyarakat sekitar, mahasiswa, pemerintah dan lain-lain," katanya.

Menurutnya, tujuan kegiatan ini melaksanakan edukasi kepada masyarakat serta pegawai. Untuk mengedukasi bagaimana memadamkan api yang aman, menggunakan fire blanket. 

BACA JUGA:WOW! PT Pertamina EP Prabumulih Field Berhasil Tambahkan Produksi Melalui Sumur GNK-82/71

BACA JUGA:Hari Raya Iduladha 1445 H, PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Sebar 176 Hewan Kurban di Wilayah Kerja Perusahaan

Dengan kegiatan ini ia juga berharap memberikan edukasi yang efektif kepada masyarakat. Pada akhirnya masyarakat yang belum terbiasa menghadapi api kecil bisa menghadapinya.

"Peringatan Fire Fighter Day ini mendorong kita meningkatkan awareness di bidang pencegahan dan penanggulangan darurat sesuai kebutuhan," ujarnya. 

Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk emergency preparedness. PT Kilang Pertamina Internasional, termasuk di antaranya Refinery Unit III Plaju, selalu meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi keadaan darurat.

Kategori :