Menjelajahi Keindahan Alam di Taman Keanekaragaman Hayati PT Tanjungenim Lestari Pulp and Paper

Rabu 10-07-2024,10:30 WIB
Reporter : Suci Harahap
Editor : Wiwik

SUMEKS.CO - Menjelajahi surga tersembunyi di Muara Enim dengan menelusuri keanekaragaman hayati di kawasan konservasi PT Tanjungenim Lestari Pulp and Paper.

Visi misi dari PT Tanjungenim Lestari Pulp and Paper (PT TeL) adalah menjadi perusahaan pulp dengan kinerja unggul berkelas dunia (World Class Company) dengan upaya pencapaian Kinerja Lingkungan yang lebih dari yang dipersyaratkan (beyond compliance) melalui kegiatan perlindungan dan pelestarian lingkungan.

Salah satu implementasi upaya perlindungan dan pelestarian lingkungan yang dilakukan adalah menetapkan areal perlindungan Keanekaragaman Hayati (KEHATI) yang menjadi penyangga ekosistem makhluk hidup di sekitar wilayah kerja perusahaan.

Penetapan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Direktur No. 081/TEL-BOD/XII/2021 tentang Penetapan Areal Perlindungan Keanekaragaman Hayati PT TeL, dengan luas 6 hektar yang terdapat di Townsite PT. TeL, Desa Banuayu, Kecamatan Empat Petulai Dangku, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA:CSR PT TeL dan Desaku Muara Enim Berkolaborasi Meningkatkan Kesejahteraan Perempuan Melalui Pelatihan Jumputan

BACA JUGA:PT TeL Tebar Kebaikan, Serahkan Hewan Qurban untuk 26 Desa di Kabupaten Muara Enim

PT TeL bekerjasama dengan Tim ahli dari Universitas Sriwijaya dalam melakukan identifikasi flora dan fauna sebagai baseline data Perlindungan Keanekaragaman Hayati di kawasan taman KEHATI PT TeL. Pelaksanaan kajian/survei taman KEHATI ini terkait dengan penyusunan rencana strategis dan rencana jangka panjang, evaluasi serta pendampingan pelaporan di Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Dari identifikasi flora dan fauna ini didapatkan jenis species flora-fauna (baik yang dilindungi, terancam ataupun tidak berdasarkan regulasi peraturan Indonesia maupun internasional), serta nilai-nilai biologi, ekologi, yang dianggap sangat penting atau signifikan, pada tingkat lokal, daerah nasional, maupun internasional. 

Hasil survei keanekaragaman jenis flora di dalam Areal Perlindungan Kehati di kawasan PT. TeL terdiri dari 115 jenis flora dan 16 diantaranya merupakan jenis flora yang sudah jarang ditemui serta memiliki peranan penting dalam ekosistem kehidupan hutan.

Sedangkan hasil survei jenis fauna yang ditemukan di sini terdiri dari 41 jenis kupu-kupu dimana 1 jenis merupakan species langka dan beberapa memiliki nilai ekonomis karena menjadi incaran para kolektor.

BACA JUGA:PT Tel Distribusikan 12 Paket Sembako Lebaran ke 12 Desa di Muara Enim

BACA JUGA:PT TeL Salurkan Bantuan Sembako untuk Warga Terdampak Banjir di Kabupaten Muara Enim

Terdapat pula 11 jenis species amfibi / reptil (1 diantaranya termasuk yang hampir punah menurut data IUCN Redlist), 5 jenis species ikan/pisces, 39 jenis species burung/aves (1 jenis merupakan burung migrasi dan 2 jenis lainnya terancam punah), dan 7 jenis species mamalia (2 jenis diantaranya merupakan species yang hampir punah berdasarkan data IUCN Redlist).

Inftrastruktur yang diperlukan dalam kawasan taman KEHATI telah dilakukan secara bertahap sejak tahun 2021 yang bertujuan untuk terus melindungi ekosistem di dalamnya sehingga kawasan KEHATI PT. TeL menjadi habitat yang aman sekaligus pelestarian bagi flora maupun fauna di sekitar, dan berharap jumlahnya bisa terus bertambah. (*)

Kategori :