Jemaah Majelis Pecinta Quran di Maskerebet Palembang Gelar Salat Iduladha 1445 Hijriah Lebih Dulu

Minggu 16-06-2024,09:52 WIB
Reporter : Indra Rikardo
Editor : Edward Desmamora

“Ketika setelah puasa Arafah kita enjalankan salat ied, jadi ini bukan hal yang harus didebatkan,” tegas salah satu anggota Majelis Pecinta Quran tersebut.

Sebelumnya Kementerian Agama telah menetapkan jika hari raya Iduladha 10 Zulhijah jatuh pada 17 Juni 2024.

BACA JUGA:Pelayanan SIM dan SKCK di Polrestabes Palembang Tutup Selama Libur Iduladha, Dibuka Lagi Rabu 19 Juni 2024

BACA JUGA:Polisi Tangkap 6 Orang Lagi Terlibat Aksi Massa Tewaskan Bos Rental Mobil, Tak Hanya Dari Desa Sumbersoko

Keputusan itu didasarkan dari hasil pantau hilal di 114 titik di seluruh wilayah Indonesia. Kemudian, dilanjutkan dengan rapat sidang isbat yang tertutup untuk umum.

Berdasarkan kriteria Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS), hilal dapat teramati jika bulan memiliki ketinggian minimal 3 derajat dan elongasinya minimal 6,4 derajat.

Sebelumnya, menyebar melalui pesan whatsapp, ada dibeberapa Kabupaten dan kota masayarakat akan melaksanakan sholat Ied Adha 1445 H pada Minggu 16 juni 2024, yakni, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir (OI) dan Kota Palembang.

Plh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), H Muazni SAg, mengatakan, untuk Kabupaten OKI hingga saat ini tidak ada yang menginformasikan bahwa masyarakat akan melaksanakan solat Idul Adha pada Minggu 16 Juni 2024 besok. 

 

Kategori :