Tips Memilih Hewan Kurban Idul Adha Sesuai Syariat Islam, Yuk Disimak Biar Pahala Lebih Sempurna

Senin 10-06-2024,18:43 WIB
Reporter : Ernanda Evana Nofita
Editor : Edy Handoko

Seorang muslim perlu memperhatikan kesehatan hewan yang akan dikurbankan sebab daging tersebut juga akan dikonsumsi oleh orang lain.

Memilih hewan kurban yang baik sangat penting dalam Islam, sebab hewan kurban menjadi simbol pengorbanan dan ketulusan hati seorang Muslim kepada Allah SWT pada Hari Raya Iduladha.

Dengan memilih hewan kurban yang baik, maka orang yang berkurban dapat memberikan manfaat bagi orang yang berhak.

Adapun tips memilih hewan kurban ialah memperhatikan kesehatan hewan, hewan kurban harus dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih hewan untuk berkurban adalah tidak kurus, gerakan lincah, bulu bersih dan tidak kusam, cermin hidung basah dan bersih dan nafsu makan baik.

BACA JUGA:Kisah Masuknya Islam di Rusia, Perkembangan Islam Punya Sejarah Panjang di Negeri Beruang Putih

BACA JUGA:Mengenal Guinea, Negara di Afrika Barat yang Jarang Terekspos Ternyata Sudah Tersentuh Islam Sejak Abad 10M

Selain itu, orang yang hendak berkurban juga perlu memastikan kotoran hewan kurban normal, bagian tubuh utuh baik tanduk, telinga dan buah zakar, serta tidak cacat.

Umur hewan yang dikurbankan penting diperhatikan karena hewan kurban memiliki umur yang disyaratkan berbeda-beda.

Jika Anda ingin berkurban kambing atau domba, umur yang disyaratkan memenuhi kriteria kurban adalah yang minimal berumur 1 tahun atau lebih sedikit.

Kemudian, jika Anda ingin berkurban sapi atau kerbau, maka umur yang masuk kriteria kurban adalah 2 tahun atau lebih sedikit.

Dengan memilih hewan kurban yang memenuhi kriteria tersebut, kita menunjukkan rasa syukur dan kepedulian terhadap sesama, terutama mereka yang membutuhkan.

BACA JUGA:Manfaat Mendaki dan Bermain di Alam dalam Pandangan Islam, Jadi Anak Gunung Bisa Dapat Banyak Pahala Loh!

BACA JUGA:Adab Kepada Al-Quran yang Perlu Diamalkan Umat Islam, Memuliakan Al-Quran dengan Cara yang Diberkahi

Tidak hanya perlu memperhatikan hukum dan cara memiliki hewan kurban, ternyata berkurban pun memiliki banyak keutamaan dalam Islam.

Penting untuk diketahui oleh seluruh umat islam bahwa berkurban dapat membantu menghilangkan sifat buruk dan membentuk karakter yang lebih baik.

Kategori :