Lantaran, saat ini Indonesia masih ingin berfokus membangun infrastruktur di Pulau Sumatera, khususnya bagian utara.
Usut punya usut, terowongan bawah laut terbesar di dunia itu merupakan bentuk alternatif dari penolakan pembangunan jembatan.
Pasalnya, Malaysia terlebih dulu menawarkan jembatan sepanjang 127,93 km melewati selat dan Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis.
terowongan bawah laut terbesar di dunia itu merupakan bentuk alternatif dari penolakan pembangunan jembatan.--
Sebelumnya, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) diisukan bakal memiliki terowongan bawah air terbesar di Asia, yang menembus perairan Sungai Musi di dekat Jembatan Ampera.
Usai memiliki bendungan raksasa, kini Provinsi Sumsel dikabarkan bakal membangun proyek terbarunya yakni terowongan bawah air
Ya, terowongan bawah air yang bakal dibangun tersebut, digadang-gadang menjadi proyek pertama di Indonesia.
Kabarnya, terowongan bawah air Provinsi Sumsel merupakan terbesar di Asia, yang menembus perairan sungai musi persis di dekat Jembatan Ampera.
Bahkan, dalam pembangunannya pemerintah telah melobi investor asing dari Cina, dan sudah menyiapkan dana sebesar Rp5 triliun.
Lebih dari itu, terowongan bawah air tersebut direncanakan menjadi ikon baru di Provinsi Sumsel.
Terowongan bawah air ini, akan menghubungkan kawasan Seberang Ulu (SU) dan Seberang Ilir di Kota Palembang.
Jalan terowongan bawah air Provinsi Sumsel ini, rencananya akan diberi nama Jembatan Musi III Palembang.