PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pelatihan digital marketing menjadi sorotan utama bagi mahasiswa dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang dibina oleh UIN Raden Intan Lampung.
Dipimpin oleh Dr Sulaiman Helmi, SE MM CMA, pelatihan ini menyoroti pentingnya pemahaman tentang tren.
Selain itu, strategi pemasaran digital dalam menghadapi perubahan teknologi dan perilaku konsumen.
Menurut data Facebook, mayoritas pengguna internet di Indonesia kini mengaksesnya melalui perangkat mobile.
BACA JUGA:Universitas Bina Darma Palembang Sukses Selenggarakan Webinar Nasional Seri #3 Tahun 2024
Oleh karena itu, strategi pemasaran telah bergeser dari model konvensional ke digital, memanfaatkan platform media sosial seperti YouTube, Instagram, TikTok, dan Facebook.
Fenomena ini menunjukkan bahwa, interaksi konsumen dengan merek dan pembelian produk semakin terjadi secara online.
Pelatihan ini tidak hanya menekankan pentingnya penggunaan platform media sosial, tetapi juga mengajarkan tentang penggunaan konten video.
Kemudian, live streaming, fitur pembayaran terintegrasi, dan strategi kolaborasi dengan influencer.
BACA JUGA:5 Mata Kuliah di Universitas Bina Darma Palembang Lulus Seleksi Praktisi Mengajar 4
Melalui pelatihan ini, para mahasiswa UMKM diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang cara memanfaatkan media sosial, dan teknologi digital untuk mengembangkan usaha.
Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Prof Dr H A Kumedi Ja’far, SAg, MH, yang menyoroti manfaat pengelolaan digital marketing yang efektif bagi pelaku UMKM.
Pelatihan ini juga menyoroti keunggulan digital marketing seperti kemampuan untuk menargetkan pasar secara spesifik, hasil yang dapat diukur dengan cepat.