Evakuasi Kapolda Jambi Dilanjutkan Selasa Pagi, Malam Ini Bermalam Didampingi Tim SAR

Senin 20-02-2023,21:39 WIB
Editor : Tusda

Lalu sebenarnya apa itu vertical rescue, karena banyak masyarakat yang ternyata masih asing dengan istilah ini. Terutama yang dilakukan untuk penyelamatan dan pertolongan atau SAR.

Dapat dipastikan, kalau vertical rescue adalah bagian dari operasi SAR. Dilakukan untuk pemindahan korban pada medan yang khusus, baik dalam kondisi basah maupun kering.

Korban akan dipindahkan ke titik tinggi atau sebaliknya, dan kemudian diangkat menggunakan tali. Bisa juga menggunakan helikopter untuk dibawa terbang ke tempat yang lebih aman dalam waktu cepat.

Bakal ada dua teknik yang digunakan dalam proses evakuasi terhadap Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono nanti. Teknik penjangkauan dan teknik evakuasi korban atau objek. 

BACA JUGA:Bandara Sultan Thaha Jambi yang Lama Jadi Posko Terpadu Upaya Evakuasi Kapolda Jambi

Teknik pertama adalah upaya penjangkuan objek, atau helikopter SAR akan berusaha mendekat titik koordinat untuk menurukan tim dan tandu yang akan digunakan untuk mengangkat korban. 

Teknik kedua adalah berupaya dengan sangat cepat mengamankan korban dalam tandu khusus, sebelum diangkat menggunakan tali ke helikopter. 

Kapolri Pantau Evakuasi

Sementara itu Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto mengatakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan memantau langsung proses evakuasi.

Kapolri diagendakan bertolak ke Jambi pada Selasa siang 21 Februari 2023.

"Informasi awal yang kami terima dari Spripim Polri, rencananya akan ke Jambi," tutur Mulia.

Sebelumnya diberitakan, Tim SAR yang berada di lokasi bersama Kapolda Jambi juga terdiri dari 2 dokter kepolisian.

Mereka fokus memberi pertolongan medis pertama kepada para korban. Khususnya terhadap Kapolda Jambi yang mengalami cedera berat, selain patah tangan. (*)

Kategori :