Bahkan, Jembatan Musi V progress pengerjaannya sudah mencapai 75-80 persen dan direncanakan rampung pada Agustus 2023 mendatang.
Jembatan Musi V yang masih dalam proses pengerjaan tersebut, bakal jadi jembatan terpanjang di Indonesia.
Selain membelah Sungai Musi, Jembatan Musi V juga tersambung hingga Tol Sumatera.
BACA JUGA:Ternyata Ini Jembatan Terpanjang di Palembang, Bukan Ampera
Jembatan Musi V, terletak di jalur tol yang menghubungkan ruas Tol Kayuagung-Palembang-Betung (KaPalBetung) dan Jalan Lintas Timur (Jalintim).
Jembatan Musi V berada di atas aliran sungai Ogan dengan total panjang 1,6 km dan menjadi jembatan tol terpanjang di Indonesia.
Pembangunan jembatan diketahui, menggunakan 99% produk lokal asli Indonesia.
Jembatan Musi V sebagian konstruksi sudah tersambung sejak 2020 dan ditargetkan rampung pada Agustus 2023 mendatang.
BACA JUGA:Ternyata Ini Jembatan Terpanjang di Palembang, Bukan Ampera
Jembatan ini merupakan bagian dari proyek infrastruktur Tol Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang 111 kilometer.
Jembatan Musi III
Jembatan Musi III Palembang sebenarnya sudah direncanakan sejak 2010 lalu. Rencananya, Jembatan Musi III akan dibangun melintasi kawasan Pulau Kemaro yang menghubungkan Sungai Gerong Pertamina Plaju untuk di Ulu, dan Sungai Batang Kalidoni untuk di wilayah Ilir.
Diwacanakan, Jembatan Musi III akan dibangun dengan sistem imersed tunnel,atau jembatan terowongan didalam air. Artinya, Jembatan Musi III bakal membelah Ulu dan Ilir melalui jalur dibawah Sungai Musi.
Dalam rencana pembangunan Jembatan Musi III, sebelumnya sudah pada tahap draf kerjasama dengan Pemerintah Cina. Pemerintah Cina akan mengucurkan dana sebesar Rp 5 triliun.