Siapkan Uang Cash
Konsumen harus memastikan dan menyiapkan uang cash sesuai dengan harga yang tertera di harga paket.
Jika konsumen pada saat pengantaran paket tidak berada di tempat , sebaiknya menitipkan uang pembayaran paket ke family atau tetangga .
Untuk pengiriman paket dengan alamat kantor, bisa juga menitipkan uang pembayaran ke teman sejawat.
Kurir biasanya akan menunda pengiriman dan penyerahan paket COD jika proses pembayaran juga tidak didapatkan pada hari pengiriman.
BACA JUGA:8 Bansos yang Bakal Cair di Desember 2022, Ini Daftarnya
Ini tentunya akan merepotkan piha ekspedisi atau kurir untuk keberhasilan proses pengiriman sesuai jadwal.
Jangan Pura Pura Tidak Pesan Paket
Akhirakhir ini sering terjadi drama antara kurir pengantar COD dengan konsumen. Salah satu masalah yang sering muncul yakni konsumen merasa tidak memesan paket atau pura-pura tidak pesan paket.
Peru diperhatikan, pihak ekspedisi atau kurir dalam proses pengirima paket tentunya berdasarkan requested atau panduan saat konsumen berbelanja online.
BACA JUGA:Pusri Palembang Pastikan Ketersediaan Pupuk Aman saat Musim Tanam 2022-2023
Proses tracking saat konsumen berbelanja online akan mudah terlihat apalagi di platform marketplace. Kurir tentunya mengirimkan paket sesuai pesanan dan alamat yang dituju.
Untuk itu jika konsumen berbelanja online dengan COD pastikan untuk dibayar. Jika tidak, maka konsumen nakal seperti ini akan di blacklist oleh Seller atau marketplace .
Bersikap Sopan dengan Kurir
Banyak konsumen saat berbelanja online dengan COD merasa tidak puas atau bahkan merasa tertipu karena paket diterima tidak sesuai pesanan.
Karena kesal, kadang pelampiasan kemarahan langsung ditujukan kepada kurir pengantar paket. Ini yang harus menjadi perhatian.