Justian Suhandinata, Legenda Bulutangkis Indonesia Berpulang

Sabtu 05-11-2022,11:52 WIB
Editor : Dendi Romi

JAKARTA, SUMEKS.CO - Dunia bulutangkis Indonesia berduka. Salah satu pebulutangkis legenda Indonesia meninggal dunia. Ya, Justian Suhandinata tutup usia dalam perawatan di salah satu rumah sakit Thailand, Jumat 4 November 2022 pukul 21.15 waktu setempat.

Justian yang kelahiran Bandung, 20 November 1946 ini sebelumnya memang sudah dirawat di Negeri Gajah Putih untuk perawatan tulang belakang akibat terjatuh yang membuatnya tidak bisa jalan.

Setelah mendapat perawatan, Justian bisa berjalan kembali meski harus memakai alat pembantu. Namun, saat perawatan di Bangkok tersebut, pada tanggal 5 Oktober 2022, Justian terkena serangan stroke dan dirawat di Rumah Sakit Bumrungrad, Bangkok, Thailand.

Kabar Meninggalnya Justian dibenarkan oleh Juniarto Suhandinata, adiknya. "Benar Pak Justian meninggal dunia di Rumah Sakit Bumrungrad, Bangkok, Thailand, Jumat sekitar pukul 21.25 WIB akibat sakit stroke. Mohon doanya," kata Juniarto, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 5 November 2022 pagi.

BACA JUGA:Ratu Dewa Kembali Pimpin PBSI Palembang

Sepanjang hidupnya, Justian mendedikasikan kemampuannya untuk dunia bulutangkis. Justian merupakan Ketua Umum PB Tangkas Jakarta ini meninggalkan istri, mantan pemain Tim Uber Indonesia 1969 dan 1972, Poppy Tumengkol, dengan empat anak dan tujuh cucu.

Klub Tangkas juga sukses diantarkannya dengan mempersembahkan medali emas Olimpiade Atlanta 1996 lewat Ricky Soebagdja/Rexy Mainaky, 10 gelar juara dunia, 9 juara All England, serta 10 medali emas Asian Games, terakhir lewat persembahan Jonatan Christie di Jakarta 2018.

Atas dedikasinya untuk bulutangkis imternasional, Justian memperoleh gelar kehormatan sebagai satu-satunya orang Indonesia yang mendapatkan penghargaan Honorary Life Vice President dari BWF. Penghargaan ini diserahkan dalam forum AGM BWF pada 20 Mei 2017 di Gold Coast, Australia.

Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna, ikut mengucapkan duka cita yang mendalam atas berpulangnya tokoh bulutangkis nasional dan internasional tersebut. Meninggalnya Justian membuat dunia bulutangkis kehilangan salah satu tokoh berdedikasi tinggi.

"Kami ikut berduka cita atas berpulangnya tokoh bulutangkis nasional dan internasional, Bapak Justian Suhandinata. Dunia bulutangkis Indonesia tentu kehilangan dengan kepergian tokoh yang mendedikasikan hidupnya hanya untuk kemajuan bulutangkis Indonesia dan dunia," kata Agung. (detik.com/dom)

Kategori :