Tiga Bunga Rafflesia Arnoldi di Pasemah Air Keruh Belum Mekar

Selasa 25-10-2022,21:43 WIB
Reporter : Hendro
Editor : Edward Desmamora

EMPAT LAWANG, SUMEKS.CO - Bunga Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di lahan kebun milik Fero di kawasan Bukit Pematang Sungai Kabu, Desa Talang Padang, Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker), Kabupaten Empat Lawang ternyata ada empat bunga.

Satu bunga sudah mekar dan terlihat indah. Sedangkan tiga bunga belum mekar dan masih berbentuk bola. Proses mekarnya bunga diperkirakan beberapa hari ke depan.

Arzan Suhari, warga Paiker menjelaskan, setelah dicek oleh pemilik kebun, ternyata bunga langka itu ada empat bunga. Tapi baru satu yang sudah mekar.

"Jika keempatnya mekar semua pasti lebih indah. Maka dari itu lokasinya harus dijaga sehingga bunga tetap tumbuh subur," ujar Arzan.

BACA JUGA:Bunga Rafflesia Arnoldi Tumbuh di Pasemah Air Keruh

Pihaknya sudah melaporkan bunga ini ke instansi terkait yakni Dinas Pariwisata namun belum ada respon. Bahkan tim dari Dispar belum ada yang ke lokasi untuk meninjau.

Padahal bunga ini bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung dan melihat langsung bunga langka tersebut.

Untuk menuju lokasi bunga rafflesia, sekitar 4 kilometer dari pemukiman menggunakan kendaraan roda dua jenis trail atau ojek kebun.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Empat Lawang, Mgs Ahmad Nawawi saat dikonfirmasi menjelaskan, dalam waktu dekat akan mengunjungi penemuan bunga rafflesia tersebut.

BACA JUGA:Seru! Bakar Kalori Lewat Senam Dahlan Iskan Style di Bumi Rafflesia

"Kami akan memanggil kabid destinasi untuk melaksanakan koordinasi dulu dengan Pokdarwis bendungan Desa Talang Padang. Mungkin dalam waktu dekat kami akan mengunjunginya," tukasnya.(*)

Kategori :