Bidar-Perahu Hias di Palembang Dimeriahkan Artis Ibukota

Jumat 05-08-2022,11:29 WIB
Reporter : Edy Handoko
Editor : Dendi Romi

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Pelaksanaan olahraga tradisional bidar dan perahu hias pada 20-21 Agustus mendatang, dipastikan berlangsung meriah. Hal itu diungkapkan Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar)  Sumsel Dr Hj Megawati ST MT.

"Ya, kita bersinergi dengan Disbudpar Kota Palembang berusaha agar acara ini berlangsung meriah," kata Mega saat dibincangi, Jumat (5/8).

Sejauh ini lanjut Mega, pihaknya mash fokus untuk melakukan persiapan pengamanan. Dalam hal ini, pihaknya bakal melibatkan TNI, Polri, Dishub, Pol PP, dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Sumsel. Menurutnya, saat pelaksanaan nanti diperkirakan ribuan pengunjung dari berbagai daerah yang hadir.

"Animo masyarakat jelas sangat tinggi menyaksikan perlombaan ini, karena sudah hampir tiga tahun terakhir kita tidak melaksanakannya," tutur Mega.

Lanjutnya, untuk peserta yang mendaftar sudah ada sekitar sepuluh perahu bidar dan 50 perahu hias. Masing-masing peserta dari berbagai daerah. Bahkan, rencananya akan ada peserta dari provinsi tetangga diantaranya, Bengkulu, Jambi, Lampung, Bangka Belitung, dan lainnya.

"Kemarin kita juga mengundang provinsi tetangga," ujarnya.

Dia menuturkan, pada saat pelaksanaan acara berlangsung, pihaknya berencana akan mendatangkan beberapa artis dan komedia dari ibu kota. Diantaranya, Tri Suaka, Armada Band, Andika Mahesa (Vokalis Kangen Band), Nella Kharisma, Komeng, Cak Lontong, dan lainnya.

"Harapan kita acara ini sukses. Karena ini tahun pertama Pemprov Sumsel yang mengadakan," imbuhnya.

Pelaksanaan lomba bidar dan perahu hias ini akan diikuti kurang lebih sepuluh bidar. Sedangkan untuk perahu hias sendiri sekitar 50 perahu hias yang akan ditampilkan pada perlombaan nanti. Kegiatan ini sendiri bakal berlangsung pada 20-21 Agustus di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang. (edy)

Kategori :