Bank Mandiri Digitalkan 241 Cabang Serentak di Seluruh Indonesia

Jumat 29-07-2022,20:29 WIB
Editor : Rahmat

SUEMKS.CO, PALEMBANG - Bank Mandiri kembali melanjutkan transformasi digital dengan menghadirkan 241 Smart Branch by Mandiri secara serentak di seluruh Indonesia. Inovasi Smart Branch by Mandiri yang diluncurkan ini telah mengadopsi fitur-fitur layanan baru, berorientasi kepada nasabah atau customer centric. Melalui fitur-fitur ini, nasabah yang datang ke Smart Branch by Mandiri dapat merasakan pengalaman perbankan yang cepat, mudah, aman dan handal dengan dukungan digital technology.

Smart Branch by Mandiri didesain untuk mengakomodir kebutuhan nasabah berdasarkan tingkat adopsi digital, menghadirkan proses layanan yang terintegrasi dengan digital channel (Livin’ dan Kopra) dan self-service machine . Selain itu, nasabah yang memerlukan konsultasi produk dan layanan lainnya juga dapat langsung dibantu General Banker (GB) yang bertugas.

Direktur Commercial Banking Bank Mandiri, Riduan menjelaskan langkah transformasi digital ini merupakan bagian dari inisiatif Bank Mandiri mendorong peningkatan literasi keuangan digital di Tanah Air. Untuk itu, transformasi Smart Branch by Mandiri akan hadir dalam tiga tipe, meliputi Digital Box, Hybrid Branch, dan Upgrade Branch.

“Ketiga tipe ini kita harap dapat mengakomodir seluruh karakter nasabah maupun masyarakat yang masih membutuhkan layanan perbankan di cabang maupun edukasi finansial dengan lebih nyaman dan interaktif,” ujar Riduan didampingi Regional CEO Bank Mandiri Region II/Sumatera 2, Ade Hasballah di sela-sela launching 241 Smart Branch Bank Mandiri di   hall banking Bank Mandiri Kanwil II Palembang, kemarin (29/7).

Total ada 241 Smart Branch Bank Mandiri se-Indonesia, dan khusus di Kota Palembang, jumlah cabang yang dioperasikan sebagai Smart Branch, yakni sebanyak 18 cabang terdiri dari 2 Digital Box, 15 Hybrid Branch, dan 1 Upgrade Branch. Dia menjelaskan, untuk Digital Box akan hadir bagi nasabah yang membutuhkan layanan perbankan secara ekspres tanpa antrian.

Adapun, tipe Hybrid Branch hadir untuk membantu nasabah yang membutuhkan layanan cepat dan terdigitalisasi, serta beragam kebutuhan financial yang kompleks lainnya. Untuk tipe ketiga Upgrade Branch (Digital Corner) dihadirkan bagi nasabah yang membutuhkan pendampingan staf dalam bertransaksi dan beragam kebutuhan finansial yang kompleks lainnya. 

Ketiga jenis cabang tersebut juga dilengkapi self-service machine , seperti ATM setor tarik, Customer Service Machine (CSM),video conference box yang memungkinkan nasabah berinteraksi secara daring dengan staf Bank Mandiri dan General Banker yang akan memberikan solusi finansial kepada nasabah.

Riduan melanjutkan kehadiran Smart Branch by Mandiri guna memberi kemudahan transaksi perbankan bagi nasabah karena proses layanannya yang terintegrasi dengan Livin’ by Mandiri. “Melalui fitur “Layanan Cabang” di Livin’ by Mandiri, nasabah juga dapat membuat reservasi sebelumnya untuk bertransaksi di Smart Branch by Mandiri dengan lebih cepat, mudah, aman, dan sesuai kebutuhan,” ujarnya. 

Tak hanya itu, bagi nasabah yang belum melakukan reservasi melalui Livin’ by Mandiri, Bank Mandiri tetap menghadirkan kemudahan transaksi dengan adanya electronic form (e-Form) yang paperless . “Dengan implementasi sistem operasional cabang yang baru, keamanan transaksi nasabah dapat dijaga dengan baik melalui metode personal approval yang dapat dilakukan oleh nasabah sendiri terintegrasi dengan Livin’ by Mandiri,” imbuhnya.

Sebagai informasi pada 29  Juli 2022, Bank Mandiri meresmikan 241 Smart Branch by Mandiri tersebar di 89 kota/kabupaten dan 29 provinsi secara serentak. Dengan inovasi ini diharapkan seluruh nasabah dan masyarakat Indonesia dapat merasakan pengalaman perbankan baru, bukan hanya di Ibukota tetapi juga di seluruh wilayah Indonesia, serta mampu memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi, karena Bank Mandiri peduli dan selalu hadir di dekat nasabah.

  Perkuat Kapasitas SDM

Dalam mendukung digitalisasi, Bank Mandiri secara konsisten turut melakukan pengembangan karir sumber daya manusia (SDM) lewat program “Mandirian Siap Jadi Digital”. Riduan menjelaskan, hal tersebut sejak awal telah menjadi strategi bisnis perusahaan. "Dalam menyiapkan SDM agar tetap relevan, Bank Mandiri mengutamakan prinsip No One Left Behind atau tidak ada peran dari Mandirian yang terpinggirkan. Karena kami meyakini, kualitas SDM yang adaptif dengan gerakan bersama dari seluruh Mandirian merupakan kunci keberhasilan transformasi digital dan keberlangsungan bisnis Bank Mandiri ke depan," terangnya. 

Lebih lanjut, dalam roadmap transformasi digital Bank Mandiri, pengembangan SDM atau Mandirian telah menjadi fokus utama perseroan. Secara bertahap, Bank Mandiri telah menyiapkan Strategic Workforce Program (SWP) berupa upskilling maupun reskilling kepada Mandirian, mulai dari tenaga-tenaga garda terdepan (frontliner) seperti di cabang hingga back office untuk dapat beradaptasi dengan cepat pada peran baru yang dijalankan, sehingga tidak ada pengurangan pegawai sama sekali.

Sebagai contoh, customer service dan teller diberikan pelatihan dan pendidikan untuk membentuk kemampuan baru dengan menjadi General Banker agar dapat dengan fasih menjelaskan fitur atau fasilitas di Smart Branch by Mandiri. "Ke depan, Bank Mandiri akan terus melakukan perekrutan talenta-talenta muda yang diharapkan dapat mendukung pengembangan bisnis Bank Mandiri, terutama mendukung transformasi digital. Dengan meningkatnya aktivitas bisnis dan secara konsisten memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tentunya diperlukan kapasitas SDM yang cukup dengan kapabilitas yang relevan," pungkasnya. (yun/fad)

 

Kategori :