Sekali Jala, Bupati Terkejut Dapat Ikan Besar

Senin 25-07-2022,22:15 WIB
Reporter : Agustriawan
Editor : Edward Desmamora

SUMEKS.CO, LAHAT  - Bupati Lahat Cik Ujang SH bersemangat saat mengikuti kegiatan bekarang di Lubuk Larangan,  Desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur, Lahat.

Apalagi usai memberikan sambutan, Bupati yang hanya mengenakan celana pendek dan baju kaos ini langsung naik rakit menuju sungai.

Dalam satu kali melemparkan jala, Bupati langsung sumringah. Beberapa ikan lokal dengan ukuran besar berhasil ditangkapnya. Seperti ikan semah, cengkak dan lainnya. Diikuti oleh Sekda Lahat Chandra SH, Kepala OPD dan masyarakat sekitar.

BACA JUGA:ASN Terima Gaji Ke 13, Cik Ujang Harapkan Perekonomian Lahat Berputar

"Saya sangat bersemangat ketika menjala. Karena teringat masa muda lalu saat menjala di Sungai Lematang," ujar Cik Ujang.

Apalagi dengan adanya Lubuk Larangan  dan giat bekarang ini menjaga kelestarian ikan lokal. Serta menjaga kebudayaan bekarang.

Ditambakannya, Lubuk Larangan bagian dari kebudayaan yang terus dibina dan terus jaga kelestariannya.

BACA JUGA:Bupati Cik Ujang: Bangga Pakai Nomor Pelat Merah Jangan Diganti Hitam

Bahkan, dirinya sempat membuat sebuah aturan terkait larangan mutas dan menyentrum ikan di sungai, dengan sanksi hukuman pidana dan denda sehingga ikan ikan lokal dapat lestari. 

"Ikan lokal, seperti Ikan Sebarau, ikan Semah, ikan Cengkak, dan ikan endimik di sungai sungai bisa lestari, dan keberadaannya tidak punah," tutupnya. (gti)

Kategori :