Kemenkumham Sumsel Kembali Lanjutkan Layanan Eazy Passport

Rabu 20-07-2022,12:14 WIB
Editor : Rahmat

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel, Herdaus, Rabu (20/7) menjelaskan dalam rangka mengoptimalkan peningkatan kualitas pelayanan publik, serta peningkatan jumlah PNBP melalui penerbitan paspor, Kanwil Kemenkumham Sumsel melalui Kantor Imigrasi Palembang dan Kantor Imigrasi Muara Enim kembali menggelar kegiatan eazy passport.

Eazy Passport merupakan sebuah inovasi layanan dari Direktorat Jenderal Imigrasi yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang melakukan pengurusan dokumen keimigrasian di masa pandemi Covid-19. “Melalui program ini, kami bisa mendatangi instansi, organisasi, komunitas, desa, bahkan perumahan untuk pelayanan paspor. " kata Herdaus.

Pada kali ini, Kantor Imigrasi Palembang menggelar eazy passport di Kantor PT. Baitussalam Mandiri di Jalan Perumnas Raya Nomor 219, Simpang Dogan, Kelurahan Sialang, Kecamatan Sako, Palembang. Sedangkan Kantor Imigrasi Muara Enim memberikan pelayanan pembuatan paspor di Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim, Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77 tahun 2022 yaitu Layanan Paspor Masuk Desa.

BACA JUGA:Kalapas Sekayu Terima Penghargaan Peringkat 1 dari BPSDM Kemenkumham RI

Herdaus menjelaskan bahwa, layanan Eazy Passport mendapat sambutan positif masyarakat. Adapun total pemohon berjumlah 111 orang, terdiri dari Kanim Palembang diperoleh sebanyak 67 orang pemohon calon jemaah umroh, dan Kanim Muara Enim diperoleh sebanyak 44 orang pemohon. 

Proses pelaksanaannya dimulai dengan pemeriksaan berkas, wawancara, dan pengambilan biometrik. Pengambilan paspor pada program eazy passport juga dapat diambil secara kolektif.

Bagi masyarakat yang akan melakukan permohonan paspor secara kolektif maka dapat menghubungi Kantor Imigrasi Palembang dan Kantor Imigrasi Muara Enim untuk dapat mengajukan permohonan Layanan Eazy Passport.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Harun Sulianto mengapresiasi jajaran imigrasi yang senantiasa memberikan pelayanan, ia berharap kehadiran inovasi layanan keimigrasian dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat di Sumsel.(ril)

Kategori :