Persaingan E-Commerce di Indonesia, Mana yang Paling Gercep?

Rabu 20-04-2022,12:30 WIB
Editor : Admin 01

SUMEKS CO Banyak faktor penting yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih platform e commerce ketika akan berbelanja secara online Beberapa di antaranya kualitas dan harga produk banyaknya promosi pilihan metode pembayaran customer service rating review toko dan yang tak kalah penting ialah layanan pengiriman yang ditawarkan Melihat hal tersebut Ipsos perusahaan riset pasar atau market research global yang ada di Indonesia kembali mengumumkan hasil survei terbarunya mengenai persepsi konsumen terhadap layanan pengiriman pada platform e commerce di Indonesia Survei ini diadakan secara tatap muka pada bulan Januari 2022 dengan melibatkan 1 051 responden yang tersebar di 15 kota besar di Indonesia Dari hasil survei yang didapat Tokopedia dinilai unggul dengan layanan pengiriman terbaik terlengkap dan yang paling penting paling gerak cepat gercep di antara e commerce lainnya Di sisi lain mayoritas konsumen juga menilai produk yang ditawarkan atau dijual di e commerce Tokopedia memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya Seperti sudah disinggung di atas sama halnya dengan kualitas produk layanan pengiriman juga memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih e commerce Layanan pengiriman mencakup durasi pengiriman variasi atau pilihan jasa pengiriman atau kurir serta fitur pelacak atau tracking pengiriman Mayoritas responden 52 persen mengakui Tokopedia sebagai e commerce dengan layanan pengiriman tercepat Shopee berada di urutan kedua 45 persen lalu Lazada 43 persen OLX 40 persen dan Bukalapak di urutan kelima 30 persen Sementara untuk variasi layanan pengiriman Tokopedia masih disebut lebih unggul dibandingkan e commerce lainnya Sebanyak 33 persen responden menilai Tokopedia menawarkan pilihan layanan pengiriman lebih banyak Posisi kedua ditempati oleh Shopee dengan persentase 28 persen kemudian disusul Lazada 26 persen di urutan ketiga Blibli 25 persen keempat dan OLX 20 persen kelima Disisi pelacakan atau tracking 29 persen responden menilai Tokopedia memiliki fitur pelacak pengiriman atau orderan yang informatif Pada urutan kedua Shopee 18 persen Lazada 16 persen Bukalapak dan Blibli masing masing 11 persen Layanan pengiriman merupakan hal yang krusial karena sangat berpengaruh terhadap pengalaman belanja dan tingkat kepuasan konsumen Banyaknya pilihan jasa pengiriman yang disediakan akan memberikan kepuasan tertentu bagi konsumen ujar Lioni Halim Research Director Brand Health Tracking Ipsos Indonesia melalui laporan resminya Selain kecepatan sampai ke tangan konsumen kualitas produk tentu menjadi faktor penting dalam kepuasan konsumen Ketika konsumen kecewa dengan kualitas produk yang ia beli ia akan berpotensi beralih kepada pilihan toko online lainnya bahkan mungkin e commerce pesaing Oleh karena itu penting bagi platform e commerce untuk memerhatikan kualitas produk yang tersedia Dari data yang diperoleh diketahui bahwa mayoritas konsumen 74 persen menilai produk produk yang tersedia atau dijual di Tokopedia memiliki kualitas yang paling baik Diikuti oleh Shopee dan Lazada yang memiliki persentase yang sama yaitu 63 persen lalu Bukalapak 50 persen dan OLX 40 persen Lebih lanjut pada survei ini juga diketahui media sosial milik Shopee 54 persen paling populer di kalangan pengguna e commerce popularitas posisi kedua diduduki oleh media sosial Lazada 41 persen disusul Tokopedia 40 persen Bukalapak 21 persen dan Blibli 29 persen jpg jawapos md nbsp

Tags :
Kategori :

Terkait