Ini Inovasi Layanan Bapas Lahat Kemenkumham Sumsel

Rabu 01-06-2022,11:20 WIB
Editor : Admin

SUMEKS CO PALEMBANG Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto Rabu 1 6 mengatakan bahwa Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan terus mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik pada 28 satuan kerjanya Peningkatan layanan tersebut melalui berbagai inovasi yang tujuannnya mempermudah masyarakat dalam menerima layanan Pada Balai Pemasyarakatan Bapas terdapat inovasi berbasis teknologi yaitu Si Balan yang dikembangkan oleh Pembimbing Kemasyarakatan Arif Tri Hantoro Kabapas Kelas IIA Lahat Perimansyah menjelaskan melalui aplikasi Si Balan pengguna layanan dapat mengakses informasi dan menggunakan layanan secara daring kapanpun dan di manapun Fitur dalam Inovasi ini mencakup tugas dan fungsi utama Bapas Lahat di bidang bimbingan kemasyarakatan dan pengentasan anak Juga ada fitur penelusuran proses litmas pengecekan data bimbingan pengecekan prosedur dan statistik layanan dan menu wajib lapor klien Selain menu terkait layanan utama pengguna juga bisa mengakses informasi lain seperti profil kontak layanan pengaduan dan pemesanan karya kemandirian klien Inovasi ini kata Perimansyah merupakan inovasi unggulan dalam penilaian Pembangunan Zona Integritas menuju WBK oleh Tim Penilai Internal dari Itjen Kemenkumham Saat ini terdapat 1 018 jumlah kliek dewasa dan 8 Klien Anak pada Bapas Lahat Puluhan klien telah menggunakan layanan ini dan masih terus kami sosialisasikan Melalui Si Balan yang bisa diunduh secara gratis untuk semua platform android di Google Play klien tidak harus datang langsung ke Bapas Lahat sehingga memangkas waktu dan jarak mengingat luas wilayah kerja Bapas Lahat sebanyak 5 kota kabupaten dengan total lebih 16 500 km kata Perimansyah Lanjutnya data yang dikirim melalui menu wajib lapor online nantinya akan tersimpan di database Bapas Lahat dan akan diupdate di Sistem Database Pemasyarakatan Bapas Kelas II Lahat sehingga petugas Pembimbing Kemasyarakatan bisa terus melakukan pembimbingan dan pengawasan terhadap klien meskipun tidak dilakukan secara langsung tatap muka ril

Tags :
Kategori :

Terkait