Hadapi Lonjakan Arus Nataru, HKR Perkuat Layanan Rest Area di Tol Trans Sumatera 24 Jam Penuh
Rest Area KM 65B yang ada di Tol Indralaya-Prabumulih, siap memberikan pelayanan terbaik pada Libur Nataru 2025/2026.--
PALEMBANG, SUMEKS.CO - Mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas selama libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), PT HK Realtindo (HKR) memperkuat layanan operasional di seluruh Rest Area yang dikelola di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).
Langkah ini diambil untuk memastikan Rest Area tol berfungsi optimal sebagai penyangga keselamatan, pusat layanan darurat, serta ruang istirahat yang aman bagi pengguna jalan.
Penguatan layanan diterapkan di Rest Area pada lima ruas tol strategis yang diproyeksikan mengalami peningkatan trafik signifikan.
Yaitu, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), Indralaya-Prabumulih (Inprabu), Pekanbaru-Dumai (Permai), Indrapura-Kisaran (Inkis), serta Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat).
BACA JUGA:132.863 Kendaraan Melintas di Tol Trans Sumatera pada Hari Pertama Libur Nataru 2025
BACA JUGA:Dukung Kelancaran Nataru di JTTS, Hutama Karya Fungsionalkan Junction Palembang dan 2 Ruas Jalan Tol
Hingga 22 Desember 2025, trafik kendaraan harian secara kumulatif di ruas-ruas tersebut tercatat mencapai 127.201 kendaraan, atau naik sebesar 43,09 persen dibandingkan trafik normal.
Lonjakan ini berdampak langsung pada tingkat okupansi Rest Area, yang rata-rata mengalami kenaikan pengunjung hingga 50-60 persen pada jam-jam puncak perjalanan.
Pada periode Nataru 2025/2026 diprediksi arus kendaraan lebih menyebar, namun konsisten tetap tinggi. Melihat hal tersebut, pemerintah melalui SKB Dirjen Hubdat, Dirjen Bina Marga, dan Korlantas Polri terkait pengaturan lalu lintas masa Nataru, memperpanjang periode penjagaan salah satunya di JTTS Ruas Tol Terpeka.
Sebagai respons, HKR menerapkan pengaturan lalu lintas internal secara ketat, mencakup pengelolaan arus masuk-keluar, penataan parkir, serta pengawasan intensif. Guna mendukung kelancaran operasional di atas total luasan Rest Area kelolaan yang mencapai lebih dari 80 hektar di sepanjang koridor JTTS, HKR menyiagakan total 62 personel tambahan sementara sepanjang Nataru khususnya petugas lapangan, keamanan, dan kebersihan, agar layanan tetap cepat dan responsif.
BACA JUGA:Workshop UMKM Naik Kelas 2025, Hutama Karya Perkuat Daya Saing Sentra Kriya Ogan Ilir
HKR memastikan seluruh Rest Area beroperasi dengan layanan utama 24 jam, meliputi SPBU, SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum), toilet, musala/masjid, area makan, dan fasilitas istirahat pengemudi. Selain itu, disiagakan juga layanan bengkel ringan, derek, serta layanan kesehatan dan pertolongan pertama untuk mengantisipasi kondisi darurat selama perjalanan.
Dari sisi kebersihan dan keamanan, HKR meningkatkan frekuensi pembersihan fasilitas publik berintensitas tinggi dan memperkuat pengamanan melalui penempatan petugas di titik strategis, optimalisasi CCTV, serta koordinasi intensif antarpetugas guna memastikan respon cepat terhadap situasi darurat.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:

