Kamu Beruntung Jika Puasa di Bulan Dzulhijah, Ini 7 Keutamaan yang Dijanjikan Allah untuk yang Amalkan

Kamu Beruntung Jika Puasa di Bulan Dzulhijah, Ini 7 Keutamaan yang Dijanjikan Allah untuk yang Amalkan

Umat Islam yang mengerjakan puasa sunah pada bulan tersebut akan mendapatkan keutamaan yang sangat besar dari Allah SWT.--

Kamu Beruntung Jika Puasa di Bulan Dzulhijah, Ini 7 Keutamaan yang Dijanjikan Allah untuk yang Amalkan

SUMEKS.CO - MasyaAllah, sungguh beruntung yang mengerjakan puasa sunah diawal bulan Dzulhijjah. Karena, Allah SWT sangat mencintai orang yang mengerjakan puasa sunah pada bulan Dzulhijjah dan memberikan tujuh keutamaan didalamnya.

Puasa Dzulhijjah dikerjakan selama tujuh hari yakni, 1-7 Dzulhijjah. Kemudian, pada 8 Dzulhijjah umat muslim dapat mengerjakan puasa Tarwiyah, dan dilanjutkan puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah.

Umat Islam yang mengerjakan puasa sunah pada bulan tersebut, akan mendapatkan keutamaan yang sangat besar dari Allah SWT.

BACA JUGA:Baca Ayat Pendek Ini Sekali Saja, Maka 70.000 Malaikat akan Turun Menjagamu

Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW yang disampaikan dari Ibnu Abbas ra. "Tidak ada hari di mana amal shaleh di dalamnya sangat dicintai oleh Allah melebihi 10 hari pertama bulan Dzulhijjah"

Bahkan, amal pada 10 hari Dzulhijjah lebih baik dari pada jihad fi sabilillah kecuali jihadnya seorang lelaki yang mengorbankan dirinya, hartanya, dan dia kembali tanpa membawa semua itu (juga nyawanya) sehingga ia mati sahid. Tentu yang demikian itu (mati sahid) lebih baik."

Sementara itu, disebutkan juga dalam hadist lainnya, "Tidaklah ada hari yang paling disukai oleh Allah SWT, dimana Dia disembah pada hari itu kecuali, sepuluh hari bulan Dzulhijjah"

"Puasa satu hari di dalamnya sama halnya dengan puasa satu tahun. Ibadah, shalat malam sekali pada malamnya seperti shalat malam selama satu tahun pula."

BACA JUGA:Kisah Nabi Muhammad SAW Tadahi Darah Agar Tidak Jatuh Kebumi Saat Perang Uhud

Adapun tujuh keutamaan yang dijanjikan Allah SWT bagi setiap hambanya yang mengerjakan puasa sunah pada bulan Dzulhijjah.

1. Beramal pada sepuluh hari di bulan Dzulhijjah termasuk berpuasa memiliki keutamaan yang lebih apabila dibandingkan dengan hari-hari lainnya.

2. Said bin Jubair, meriwayatkan hadits dari Ibnu Abbas Ra, "Apabila kamu masuk ke dalam sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, maka bersungguh-sungguhlah sampai hampir saja ia tidak mampu menguasainya (melaksanakannya)." (HR Darimi)

3. Barangsiapa yang berpuasa di hari pertama di bulan Dzulhijjah, maka Allah akan memaafkan kesalahan dan dosa yang telah dilakukan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, "Barang siapa yang berpuasa di hari pertama di bulan Dzulhijjah maka Allah akan memaafkan dosa-dosanya sebagaimana yang terjadi kepada Nabi Adam."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: