Upayakan Listrik Tetap Menyala, PLN Lahat Operasikan 9 Unit Genset Mobile

Upayakan Listrik Tetap Menyala, PLN Lahat Operasikan 9 Unit Genset Mobile

--

LAHAT, SUMEKS.CO– Sebanyak 9 unit generator set (genset) tiba dari Palembang dan Bengkulu dan langsung dioperasikan di 8 lokasi di Kecamatan Gumay Ulu Kabupaten Lahat setelah sebelumnya kondisi kelistrikannya belum bisa dinormalkan akibat banjir bandang dan longsor yang mengakibatkan akses jalan dan Jembatan Selangis belum bisa dilalui akibat tertimbun lumpur dan batu.

Meski demikian Manager PLN UP3 Lahat, Muhammad Syafdinnur menjelaskan PLN memastikan keandalan pasokan kelistrikan di beberapa titik evakuasi. Menyiagakan genset mobile dan peralatan penunjang lain. Karena belum bisa penormalan jaringan PLN.

“Selain terus bergerak untuk mempercepat pemulihan pasokan listrik. Mulai kemaren hingga hari ini (16/03) kami sudah mulai mendatangkan dan mengoperasikan genset-genset yang berasal dari PLN Lahat, Palembang dan Bengkulu,” terang Syafdinnur.

Syafdinnur mengatakan, PLN memprioritaskan operasional genset dengan kapasitas 50 sampai dengan 100 KVA di desa maupun dusun Kecamatan Gumay Ulu agar warga bisa terbantu penerangan berikut fasilitas lainnya seperti masjid, puskesmas, dan MCK Umum.

BACA JUGA:Aksi Cepat Tanggap PLN UP3 Lahat Salurkan Bantuan Korban Banjir Bandang Lahat Bersama YBM PLN

Sehingga kehidupan warga bisa normal setelah 5 hari tanpa ketersediaan listrik, sembari menunggu penanaman tiang beton yang roboh diterjang banjir bandang dan terbukanya akses menuju lokasi tersebut.

Menurut Syafdinnur ada sebanyak 8 lokasi tersebar yang saat ini telah dioperasikan genset PLN  seperti dusun Sumber Karya, Talang Tomo, Lubuk Selo, Rindu Hati, Padang Muara Dua, Tebat Pesuk, Padang Trans Muara Dua dan Desa Batu Ampar. “Sebelumnya lokasi-lokasi ini telah kami mapping sebagai lokasi yang perlu di–backupgenset,” jelas Syafdinnur.

Sementara itu Assisten Manager Bagian Jaringan PLN Lahat, Michael Solafide Siahaan mengatakan bahwa saat ini dari 4.200 pelanggan yang terdampak banjir sebanyak 4.003 pelanggan telah menyala (95%), total 84 trafo yang padam 80 diantaranya telah beroperasi. “Saat ini 76 personil masih terus berupaya melakukan perbaikan jaringan SUTM yang terganggu dan siaga genset dibeberapa lokasi tersebar,” ujar Michael.  

Kadus Tebat Pesuk, Darman, mengungkapkan rasa syukurnya atas pengoperasian genset PLN. "Terima kasih PLN, kami sangat terbantu dengan adanya aliran listrik dari genset PLN, karena sejak banjir dan longsor lalu kami gak ada listrik. Ngecash HP numpang pakai genset warga,” ujar Darman.

BACA JUGA:Pasang Baru Listrik Semakin Mudah di PLN Mobile! Instalasi, SLO, dan Transaksi Pembayaran dalam Genggaman

Seperti diketahui, banjir bandang dan angin kencang melanda 3 kecamatan di Kabupaten Lahat Kamis 9 Maret 2023 pukul 09.15 akibat curah hujan yang sangat tinggi sehingga menyebabkan meluapnya air Sungai Lematang. Akibatnya akses Lahat-Pagar Alam tertutup, terendamnya beberapa bangunan, sawah, kebun dan fasilitas umum lainnya termasuk instalasi listrik milik PLN. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: