Yuk Icip-Icip Ketoprak Wong Jowo, Salah Satu Ketoprak Terenak di Kota Palembang

Yuk Icip-Icip Ketoprak Wong Jowo, Salah Satu Ketoprak Terenak di Kota Palembang

Ketoprak Wong Jowo di Jl Kartini, Kota Palembang. -Fadli-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Ketoprak adalah salah satu jenis makanan yang terdiri dari ketupat, toge, kuah kacang yang mana konon katanya berasal dari Kota Cirebon Provinsi Jawa Barat.

Namun, bagi pecinta wisata kuliner tidak perlu jauh-jauh untuk mencicipi cita rasa Ketoprak yang hampir mirip Gado-gado atau pecel ini, karena di Kota Palembang sendiri telah banyak pedagang Ketoprak, diantaranya Ketoprak "Wong Jowo".

Warung Ketoprak "Wong Jowo" sendiri berada di Jl Kartini Kelurahan Talang Semut Kecamatan Bukit Kecil Kota Palembang, atau tepatnya persis di depan Rumah Makan Kedai Tiga Nyonya.

Kata si empunya Ketoprak "Wong Jowo", Daryanto Dhasta (49) mengatakan usaha warung makan ketoprak yang di tekuninya ini telah ada sejak tahun 2013, yang mulanya berjualan di sekitaran gereja Kambang Iwak.

BACA JUGA:6 Masakan Khas Sumatera Selatan, Penggugah Selera Saat Santap Sahur, Ringkas, Anti Ribet

"Sudah kurang lebih hampir sepuluh tahun jualan ketoprak, yang mulanya bersama istri buka pakai gerobak biasa di sekitaran Kambang Iwak," kata pria yang akrab disapa Akang ini kepada SUMEKS.CO Minggu 12 Maret 2023.

Menurutnya, saat itu belum banyak pedagang makanan Ketoprak dan bisa di katakan dirinya merupakan salah satu pencetus berjualan Ketoprak di Kota Palembang ini.

Namun, seiring berjalannya waktu dan mendapat respon positif oleh masyarakat, usaha Ketoprak yang dijalaninya bersama sang istri tercinta ini pun bertahan hingga sekarang, dan bahkan hingga bisa menyekolahkan ketiga anaknya.

"Kita buka setiap hari mas, mulai dari pukul 7 pagi hingga 4 sore," tuturnya.

BACA JUGA:Pisang Goreng Asal Indonesia, Dinobatkan Sebagai Dessert Terenak Sedunia

Dibeberkannya, untuk hari biasa seperti Senin hingga Jumat dirinya bisa menjual puluhan porsi ketoprak setiap harinya.

Menurutnya, penganan Ketoprak ini tidak hanya dapat dinikmati sebagai sarapan saja, namun juga dapat dinikmati sebagai santap siang, dan terbukti warung ketoprak miliknya selalu ramai pada saat jam istirahat makan siang.

Untuk masalah harga, lanjutnya satu porsi ketoprak lengkap dengan telur dihargai Rp18 ribu perporsinya, sementara tanpa telur hanya Rp15 ribu perporsinya.

Selain ketoprak, dia juga menyajikan aneka menu lainnya yakni Soto Mie khas Bogor, aneka gorengan serta aneka minuman segar yang tentunya ramah dikantong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: