Ayo Periksa Mata Anda dan Konsultasi Gratis di BKB Palembang Besok

Ayo Periksa Mata Anda dan Konsultasi Gratis di BKB Palembang Besok

Ilustrasi World Glaucoma--

SUMEKS.CO, Ini kabar baik bagi warga Palembang dan sekitarnya. Besok Sabtu 11 Maret 2023, akan digelar konsultasi dan skrining glaukoma gratis, di Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.

Acara konsultasi dan skrining gratis ini untuk memperingati hari Glaukoma Sedunia, World Glaucoma Week. Digagas oleh  Perdami (Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia atau Indonesian Ophthalmologist Association) Sumatera Selatan (Sumsel).

Menurut dr Muhammad Baqir, acara ini untuk umum dan gratis. ''Ya silakan warga datang utnuk konsultasi dan skrining glaukoma. Gratis,'' jelas dr Muhammad Baqir pengurus Perdami kepada sumeks.co. ''Bahkan ada doorprize juga bagi yang datang untuk konsultasi,''tambahnya.

Acara dipusatkan di Benteng Kuto Besak Palembang (BKB), mulai pukul 15.30 WIB, Sabtu 11 Maret 2023. 

Selain pemeriksaan mata gratis. Digelar Talkshow dengan pembicara dokter spesialis Mata, seperti Dr dr Fidalia SpM, Subsp GL, dr Prima maya Sari SpM, Subsp GL, dan dr Marlini SpM. 

BACA JUGA:Dokter Puskesmas Jirak yang Dipecat, Resmi Gugat SK Pj Bupati Muba Apriyadi ke PTUN Palembang

Diketahui, saat ini gangguan penglihatan dan kebutaan masih menjadi problem di Indonesia. 

Ya, Glaukoma menjadi penyebab kebutaan kedua di dunia termasuk Indonesia, makanya  seiring dengan meningkat nya usia harapan hidup jumlah kasus glaukoma diduga akan terus bertambah. 

Penyakit ini bisa meningkatkan tekanan intraokuler yang dapat menyebabkan degenerasi saraf optik atau kelainan dalam lapang pandang yang umumnya ditemukan pada usia di atas 40 tahun.

Kebutaan akibat glaukoma merupak an kebutaan yang sifatnya ireversi bel. Jika seseorang telah menderita kebutaan akibat glaukoma, tidak ada lagi penatalaksanaan yang dapat dilakukan untuk mengemba likan penglihatan orang tersebut. 

Deteksi dini dan penanganan yang tepat dapat mencegah terjadinya kebutaan permanen pada penderita glaukoma. Sekarang pemeriksaan dini glaukoma dapat dilakukan melalui posyandu usia lanjut, puskesmas, rumah sakit dan sarana pelayanan kesehatan lainnya seperti Balai Kesehatan Mata Masyarakat. (*/ckm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: