Sungai Enim dan Lematang Meluap, Ratusan Rumah Terendam

Sungai Enim dan Lematang Meluap, Ratusan Rumah Terendam

TERENDAM : Tampak warga tengah siaga memantau debit air masuk.--

Warga Begadang Siap Siaga

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Meluapnya aliran air Sungai Enim dan Sungai Lematang, membuat ratusan rumah di dalam Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, terendam banjir. Warga terpaksa siap siaga dan bergadang antisipasi banjir.

Pantauan dilapangan Kamis 9 Maret 2023 malam hingga Jumat 10 Maret 2023 pukul 02.00 dini hari.

Aliram air dari kedua sungai tersebut terus naik. Tampak ratusan warga seperti di Perumahan Griya Azzury Muara Enim, Rukuna Damai, Kelurahan Muara Enim dan tempat lainnya mulai menyelamatkan diri bersama perabotannya terutama barang-barang elektronik

Bahkan warga terpaksa begadang berjaga-jaga sebab hampir seluruh rumah ditinggalkan oleh penghuninya karena sudah terendam banjir.

BACA JUGA:Bupati OKI Resmikan Masjid Al Muhajirin Petir, Dibangun Melalui Infak Petani Sawit

"Kami sudah dari pukul 15.00 siap siaga melakukan pemindahan barang dan evakuasi anak, karena air sudah terus naik," ujar Anca (37) warga Perumahan Griya Azzury Muara Enim, Kelurahan Tungkal, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim.

Menurutnya, dirinya tinggal di perumahan ini sejak tahun 2019. Namun menurut warga yang telah tinggal cukup lama disini banjir besar juga pernah terjadi pada tahun 2016.

Saat ini, dirinya sudah menyelamatkan anak-anaknya dan barang elektronik ke tempat yang lebih tinggi.

"Rumah saya pondasinya sudah dinaikkan sekitar 1,5 meter, namun masih banjir. Ini banjirnya memang cukup besar," ungkapnya.

BACA JUGA:Tiga Orang Sekuriti di Prabumulih Disambar Petir, Satu Diantaranya Tewas

Untuk itu, lanjut Anca, ia berharap ada bantuan dari pemerintah minimal untuk dapur umum. Meski peralatan dapur dan makan ada, namun tidak bisa masak sebab rumah kebajiran.

Dan mungkin anak-anak besok bisa sekolah atau tidak karena semua pakaian sudah dikemas.

"Kami minta jalan di perumahan kami bisa dibangun minimal sama dengan pondasi rumah supaya tidak terendam seperti ini," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: