Kunjungi Kampung Jamu, ini Harapan Dirut BSB

Kunjungi Kampung Jamu, ini Harapan Dirut BSB

Achmad Syamsudin bersama penjual jamu binaa BSB. --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kampung Jamu, di Kelurahan Kuto Batu, Kecamatan Ilir Timur II PALEMBANG, kedatangan tamu istimewa. Ya, Direktur Utama (Dirut) Bank Sumsel Babel (BSB), Achmad Syamsudin berkunjung ke Kampung Jamu, Selasa 7 Maret 2023.

Dirut BSB Palembang, Achmad Syamsudin, beserta jajaran direksi lainnya silaturahmi bersama UMKM binaan BSB di Kampung Jamu, Kuto Batu, Ilir Timur II Palembang, Selasa Maret 2023.

Uniknya, dari 101 penduduk yang tinggal di Lr Bintara ini, lebih dari 50 persennya pedagang jamu yang telah puluhan tahun berdagang.

"Ya, hari ini kita silaturahmi bersama mitra UMKM binaan BSB Palembang," kata Achmad Syamsudin, Selasa, 7 Maret 2023.

BACA JUGA:BSB-Bank Bengkulu Kerja Sama Digital, Permudah Transaksi Kartu Kredit

Dijelaskan Achmad Syamsudin, mitra binaan BSB ini sudah bergabung pada 2021 lalu. Setidaknya, ada 60 anggota yang tergabung dalam komunitas Kampung Jamu. Diantaranya, 23 anggota yang menetap di Kampung Jamu, dan sisanya tersebar di wilayah Palembang lainnya.

"Sudah beberapa tahun kita bina untuk bergabung bersama kami," ujarnya.

Lanjut Syamsudin, sejak dua terakhir pihaknya mengajak komunitas Kampung Jamu untuk bergabung agar lebih maju kedepannya. Menurut Syamsudin, ada tiga aspek yang penting untuk memajukan suatu usaha.

"Suskesnya UMKM dapat terbentuk melalui akses keuangan, pembinaan, dan akses pasar. Semuanya kita berikan kepada mitra kita," beber Syamsudin.

Lebih lanjut, Syamsudin menerangkan, beberapa bantuan yang diberikan BSB untuk Kampung Jamu diantaranya, mensupport seluruh pelaku UMKM Kampung Jamu dan penjualannya hingga tembus akses pasar. Bahkan sekarang, UMKM jamu tradisional ini sudah merambah ke bisnis online.

BACA JUGA:Permudah pembayaran UKT UIN RF Palembang, BSB Syariah Buka Layanan Kantor Kas

"Sekarang sudah banyak yang bisa dilakukan. Mulai dari akses pasar hingga penjualan online sidah dilakukan," tukasnya.

Sementara itu, Dian Lestari Ekawati, Koordinator UMKM Kampung Jamu menambahkan, kedatangan Dirut BSB Palembang turut menjadi agenda besar bagi kampung tempat tinggalnya.

"Alhamdulillah kami sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan BSB selama ini kepada kami. Khususnya di Kampung Jamu ini," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: