Piala Dunia U-20, FIFA Izinkan Indonesia Gelar Seremoni Pembukaan-Penutupan

Piala Dunia U-20, FIFA Izinkan Indonesia Gelar Seremoni Pembukaan-Penutupan

Zainudin Amali. foto: humas kemenpora--

BANDUNG, SUMEKS.CO - Perhelatan akbar sepak bola Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia pada Juni mendatang dipastikan akan meriah. 

Betapa tidak, FIFA memberikan izin kepada tuan rumah menggelar seremoni pembukaan dan penutupan pesta olahraga junior empat tahunan itu. 

Hal itu diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ahad 5 Februari 2023.

Zainudin Amali mengatakan bahwa izin seremoni pembukaan dan penutupan Piala Dunia U-20 hanya diberikan kepada Indonesia. Pada edisi sebelum-sebelumnya, tidak mengenal seremoni pembukaan. Izin yang diberikan oleh FIFA khusus untuk Indonesia acara pelengkap. 

BACA JUGA:Jelang Piala Dunia U-20 2023, Dispora Palembang Komitmen Layani Tamu

"Ada satu hal yang berbeda di U-20, di beberapa negara sebelumnya sebenarnya U-20 itu tidak ada seremonial pembukaan atau openingnya. Tapi khusus untuk Indonesia, ini oleh Presiden FIFA itu diizinkan," kata Zainudin setelah menonton pertandingan Persib dan PSS di Stadion GBLA, Kota Bandung, Jawa Barat, Ahad 5 Februari 2023.

Dia menegaskan bahwa dirinya sudah berkomunikasi langsung dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Qatar beberapa waktu lalu. Saat itu dirinya menyaksikan laga final Piala Dunia 2022

"Kami berbicara siang (dengan Presiden FIFA), dan oke (setuju)," kata Zainudin. Kendati mendapat izin dari FIFA, Zainudin Amali mengatakan akan membatasi kemeriahan acara saat pembukaan maupun penutupan Piala Dunia U20 itu agar tidak semeriah Piala Dunia di kelas senior.

"Dan itu sudah diputuskan (pembukaan dan penutupan), di GBK (Gelora Bung Karno)," kata dia. Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 telah menyiapkan enam stadion untuk digunakan sebagai lokasi pertandingan kompetisi itu, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), dan Stadion Jakabaring (Palembang).(antara/jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: