Ini Cara Membuat Kue Engkok Ketan Khas Ogan Ilir yang Anti Gagal

Ini Cara Membuat Kue Engkok Ketan Khas Ogan Ilir yang Anti Gagal

Kue Engkok ketan khas Kabupaten Ogan Ilir dengan lumuran gula merahnya yang anti gagal.-Foto: dokumen/sumeks.co-

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Salah satu jajanan khas Kabupaten Ogan Ilir yang biasa ditemukan di pasaran adalah Kue Engkok. Rasanya yang manis, menjadikan jajanan yang satu ini disukai banyak orang.

Untuk membuat Kue Engkok, boleh dibilang susah-susah gampang. Sebagian besar pembuat Kue Engkok mengaku sering gagal, karena lumuran gula merah yang ada pada Kue Engkok sering tak sesuai harapan.

"Kalau gula merahnya cair, berarti gagal," kata Sulastry, salah seorang penjual Kue Engkok kepada SUMEKS.CO, Kamis, 19 Januari 2023.

Menurut Sulastry, membuat Kue Engkok harus betul-betul dipahami caranya. Pertama, siapkan bahan utama kue berupa tepung ketan. Apabila menggunakan tepung ketan seberat 500 gram, maka dibutuhkan setengah cangkir santan kental, satu sendok makan garam, dan air secukupnya.

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Semur Jengkol Khas Palembang, Empuk dan Legit

Sedangkan untuk bahan lumuran, sediakan seperempat gula merah yang harus memiliki kualitas terbaik. Kemudian, air secukupnya.

Adapun langkah-langkah membuat Kue Engkok, campur semua bahan kue jadi satu sambil di aduk dan menghasilkan adonan yang bisa dibentuk, lonjong atau sesuai selera.

"Kalau di Ogan Ilir ada yang berbentuk angka 8," terangnya.

Setelah dibentuk, panaskan satu liter minyak goreng lalu goreng adonan sampai matang, angkat dan tiriskan. Lakukan sampai semua adonan habis.

BACA JUGA:Pempek Rucah Ogan Ilir, Rasa Ikannya Juara Banget Sampai Bikin Ketagihan Loh!

Ambil wajan baru, masukkan gula merah tambahkan air secukupnya. Aduk sampai gula larut dan berbusa mengental atau karamel.

Masukkan kue yang sudah digoreng dan aduk cepat sampai semua kue tercampur rata. Matikan api. Aduk terus sampai gula mengering dan diamkan diwajan sekitar 5/10 menit. Pindahkan ke wadah dan siap untuk disajikan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: