Libur Nataru, Cek Destinasi Wisata Alam dan Sejarah di Kabupaten Empat Lawang

Libur Nataru, Cek Destinasi Wisata Alam dan Sejarah di Kabupaten Empat Lawang

Destinasi wisata Air Terjun Sanghe, Kabupaten Empat Lawang, Sumsel.--dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Libur nasional Natal dan tahun baru (Nataru) 2023 segera tiba. Jangan biarkan liburan berlalu begitu saja tanpa kesan. 

Destinasi wisata yang ada di Kabupaten Empat Lawang ini bisa jadi pilihan, untuk berlibur bersama keluarga.

Empat Lawang, salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan. Ibukota kabupaten ini terletak di Tebing Tinggi. Resmi menjadi kabupaten pada 20 April 2007 hasil pemekaran dari Kabupaten Lahat. 

Penduduk Kabupaten Empat Lawang sebagian besar Suku Lintang atau Jemo Lintang sekitar 55 persen. Bermukim di Muara Pinang, Lintang Kanan, Pendopo, Pendopo Barat, Ulu Musi, dan Sikap Dalam. 

BACA JUGA: 5 Spot Arung Jeram di Sumsel, Rutenya Sangat Menantang

Ada juga Suku Pasemah sekitar 19 persen bermukim di Pasemah Air Keruh, SALING sebanyak 12 persen bermukim di Saling, Suku Kikim Tebing sebesar 5 persen bermukim di Kecamtan Tebing Tinggi. Kemudian disusul dengan minoritas sebanyak 9 persen seperti Jawa dan Sunda serta suku lainnya. 

Empat Lawang kaya akan destinasi wisata alam, budaya dan sejarah. Sebagian besar objek wisata yang ada belum tersentuh secara maksimal.

Destinasi wisata alam  tersebut diantaranya, Air Terjun Keban, Rintisan Agrowisata Sawah, Air Terjun Curup Embun, Air Panas, Air Bayau Sapa Panjang, Tebat Sekedi dan Pantai Air Bayau, yang terletak di Kecamatan Muara Pinang. 

Ada juga di Kecamatan Lintang Kanan, berupa Air Terjun Tujuh Panggung, Air Bayau (sumber air Belerang) dan  Bendungan Karang Tanding. 


Spot wisata di Empat Lawang.--dok : sumeks.co

BACA JUGA:Kampung Air, Tempat Wisata Alam Instagramable di Palembang

Sementara di Kecamatan Pendopo ada Goa Soroman, Goa Batu, Air Terjun Genting, Goa Kelambit, Taman negeri Danau Penantian, Sumber Air Panas Pama Lebar dan di Ulu Musi, terdapat Batu Galang dan Air Terjun Semanau.

Senang naik bukit, bisa datang ke Bukit Mas di Kecamatan Sikap Dalam. Kesejukan air Sungai Kemaang, Air Terjun Curup, Air Terjun Batu Betiang, dan Air Terjun Sanghe, bisa ditemukan di Talang Padang. 

Duh, makin seru menelusuri destinasi wisata yang ada di Tebing Tinggi. Terdapat, Pantai Terusan, Makam Puyang Rajo Tingkis, Makam Puyang Anak Dirut, Makam Puyang Gading, Terowongan Kereta Api, Pantai Muare, Air Terjun Rindu Bertutun, Air Terjun Sungai Macang, Bukit Batu Asahan dan Air Terjun Saling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: