Resmi Diajukan Presiden Jokowi Jadi Calon Panglima TNI, Ini Profil Jenderal Yudo Margono

Resmi Diajukan Presiden Jokowi Jadi Calon Panglima TNI, Ini Profil Jenderal Yudo Margono

Jenderal Yudo Margono resmi diajukan Presiden Jokowi untuk menduduki jabatan sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa.-Foto: Dok/KSAL-

SUMEKS.CO - Presiden harus menunjuk pengganti panglima TNI selama 20 hari sebelum masa tugas panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyelesaikan masa tugasnya. Hal ini merujuk pada pasal UU TNi.

Untuk diketahui masa jabatan Panglima TNI Andika Perkasa akan berakhir pada 21 Desember 2022 mendatang.  

Saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang memilih kandidat untuk menggantikan posisi mantan Kepala Staff Angkatan Darat itu. 

Dalam hal ini, Presiden Joko Widodo menunjuk Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

BACA JUGA:Hari ini Mensesneg Kirim Surpres Pergantian Panglima TNI

Penunjukan Yudo diketahui lewat Surat Presiden (Surpres) usulan Panglima TNI baru yang diserahkan pemerintah kepada DPR pada Rabu 23 November 2022 lalu.

Ketua DPR RI Puan Maharani, membenarkan jika penunjukan calon Panglima TNI untuk selanjutnya sudah ditentukan namanya.

Puan menuturkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Jenderal Yudo Margono untuk menggantikan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

Puan mengatakan, ia telah mendapatkan surat presiden (surpres) dari Istana yang diterimanya hari ini melalui Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. 

BACA JUGA:Tanggapan Kasad Jendral Dudung Terkait Syarat Tinggi Badan Direvisi Panglima TNI

"Saya menerima langsung dari Mensesneg, saya akan mengumumkan bahwa nama yang diusulkan oleh Presiden untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dalah Laksamana TNI Yudo Margono Kepala Staf Angkata Laut," jelas Puan di Gedung DPR RI, Senin 28 November 2022.

Berikut ini profil Jenderal Yudo Margono calon Panglima TNI yang ditunjuk Jokowi:

Nama Panjang: Yudo Margono

Tempat Tanggal Lahir: Madiun, 26 November 1965

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: