KRI Bung Tomo 357 TNI AL jadi Saksi Kecanggihan Pesawat Anti Kapal Selam

KRI Bung Tomo 357 TNI AL jadi Saksi Kecanggihan Pesawat Anti Kapal Selam

KRI Bung Tomo 357--

SUMEKS.CO - KRI Bung Tomo 357 diketahui melakukan kontak dengan kapal Coast Guard China di perairan Natuna Utara. Awak KRI Bung Tomo 357 melakukan kontak dengan Coast Guard China saat kapal Coast Guard China berada disebuah lokasi di ZEE Indonesia dan terlihat berhenti.

Ada momen luar biasa yang disaksikan oleh awak KRI Bung Tomo 357 yaitu, kehadiran pesawat anti kapal selam(AKS) sobat Indonesia.

Pesawat AKSd diketahui terbang rendah diatas KRI Bung Tomo 357 dan kapal Coast Guard China di Laut Natuna Utara. Pesawat AKS yang melintas adalah P 3K2 Orion.

Dilansir dinzdf.mil.nz, P3K2 Orion adalah salah satu pesawat patroli maritim khusus Selandia Baru yang masih beroperasi dengan Angkatan Bersenjata Selandia Baru hingga saat ini.

BACA JUGA:Tips Memulai Usaha Tanpa Modal, Cocok untuk Pemula

Terdapat dugaan nantinya P 3K2 Orion akan segera dipensiunkan oleh Selandia Baru dan digantikan oleh P-8 Poseidon. Orion P 3K2 sebenarnya diperkenalkan pada tahun 1960-an, jadi Orion P 3K2 sudah tua.

Terlepas dari usianya, Orion P 3K2 telah mengalami beberapa pembaruan canggih. Terutama mengenai sistem teknologi avionik internal P 3K2 Orion versus teknologi eksternal. Maka tidak mengherankan jika Orion P 3K2 masih beroperasi pada tahun 2022.

P 3K2 Orion diperkirakan berusia 62 tahun, saat ini ditugaskan ke Skuadron 5 Selandia Baru. P 3K2 Orion diketahui memiliki 12 personel yang bertugas.

Personil P 3K2 Orion meliputi operator peralatan, pilot, dan co-pilot. Tidak mengherankan jika P 3K2 Orion mampu melakukan berbagai misi udara karena tingkat kedewasaan awaknya yang tinggi.

BACA JUGA:3 Cara Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Melakukan SADARI

Secara khusus, P 3K2 Orion dapat melakukan misi pengawasan udara dan darat. Selain itu, misi deteksi bawah air dapat mengandalkan peran P 3K2 Orion sebagai tumpuan.

P 3K2 Orion merupakan pesawat yang layak disebut sebagai pesawat anti kapal selam. Tak hanya itu, juga dapat   melakukan misi pengintaian P 3K2 Orion di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Secara khusus, Orion P3K2 diamati secara teratur di Pasifik Selatan dan Antartika dekat Selandia Baru. Diketahui juga P 3K2 Orion mendukung berbagai instansi pemerintah Selandia Baru.

P 3K2 Orion dapat mendukung operasi 24/7. Peran Orion P 3K2 sangat penting dalam kontinjensi seperti misi pencarian dan penyelamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: