Ini Daftar Merek Kendaraan Listrik Operasional Gelaran KTT G20 di Bali

Ini Daftar Merek Kendaraan Listrik Operasional Gelaran KTT G20 di Bali

Daftar mobil listrik yang digunakan sebagai operasional KTT G20 di Bali, Indonesia.-Foto: dok/sumeks.co-

SUMEKS.CO - Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 sedang berlangsung di kawasan pariwisata terpadu Nusa Dua, Bali, 15-16 November 2022. Sejumlah kepala negara maupun delegasi peserta KTT G20 telah berdatangan sejak beberapa hari sebelum jadwal acara. Berbagai kendaraan listrik juga telah menghiasi Pulau Dewata Bali karena menjadi kendaraan operasional resmi KTT G20 Indonesia.

Menarik untuk disimak apa saja merek dan tipe kendaraan listrik, baik itu mobil listri maupun motor listrik pada perhelatan G20. Dilansir dari akun resmi Instagram Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, @kemenparekraf.ri, Pemerintah Indonesia mempersiapkan 1.452 unit kendaraan listrik untuk operasional KTT G20 2022.

Rinciannya, 962 unit mobil listrik, 454 unit motor listrik dan 36 unit bus listrik. Adapun merek dan tipe mobil listrik yang digunakan yakni Genesis G80, Lexus UX300e, Hyundai Ioniq, Toyota BZ4X, Hiundai Ioniq dan Wuling Air EV. Kemudian untuk motor terdapat Zero DSR, Energica EsseEsse9+, Gesits dan Honda PCX Electric.

BACA JUGA:Harga Mobil Listrik Diprediksi Lebih Murah Tahun 2025

Tak sekadar kendaraannya, pemerintah juga menyiapkan 70 unit ultra fast charging SPKLU serta 200 unit home charging. Unit tersebut terpasang di area penyelenggaraan KTT G20 di Bali.

Melalui unggahan di akun resmi Kemenparekraf RI, penggunaan kendaraan listrik ini selain berkontribusi untuk mengurangi emisi karbon, kendaraan listrik dinilai ramah lingkungan karena dayanya menggunakan charging.

BACA JUGA: Tempat Nongkrong Hidden Gem Milenial Palembang

Bahkan satu mobil listrik bisa mengurangi pencemaran udara hingga 4,6 metrik ton gas rumah kaca.

"Peralihan menuju kendaraan rendah karbon jadi salah satu komitmen Indonesia dalam mewujudkan transisi energi berkelanjutan. G20 menjadi awal dari proses konversi mobil listrik di Indonesia," ujar Wakil Presiden RI, Prof. Dr. (Hc) KH Ma'ruf Amin. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: