Tiket WSBK Baru Terjual 20.000, Kadis Pariwisata NTB Masih Optimis

Tiket WSBK Baru Terjual 20.000, Kadis Pariwisata NTB Masih Optimis

WSBK 2019.--

MANDALIKA, SUMEKS.CO - Balap balap motor dunia atau World SuperBike (WSBK) akan digelar pada 11-13 November 2022 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Panitia sendiri menargetkan penjualan tiket mencapai 50.000 penonton yang akan menyaksikan pembalap kelas dunia unjuk kebolehan. 

Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) Yusron Hadi optimistis target 50.000 penonton dalam WSBK akan tercapai.

"Insyaallah, akan tercapai karena ada juga penonton yang berasal dari lokal NTB, apalagi dikenakan tarif 50 persen untuk tiketnya. Kalau 20-an ribu dari luar NTB, bisa 40-an ribu dari penonton lokal kan. Jadi, bisa melampaui target 50.000 penonton," kata Yusron Hadi, Selasa 8 November 2022.

Dia mengatakan, sampai saat ini jumlah penonton yang sudah membeli tiket WSBK Mandalika dari luar NTB sudah mencapai angka 20.000 lebih, yang berarti berdasarkan asumsi satu kamar penginapan isi dua orang, maka ada sekitar 10.000 kamar yang harus disiapkan.

BACA JUGA:Ini Prosedur Penonton IATC di Sirkuit Mandalika

"Sementara ketersediaan jumlah kamar kita baik itu hotel berbintang, non bintang, maupun homestay itu sekitar 21 ribuan. Itu berdasarkan data hasil pemetaan saat MotoGP 2021," kata Yusron Hadi. Menurut mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan NTB ini, pada titik utama penginapan, baik itu di Mandalika, Senggigi, maupun Kota Mataram, ketersediaan kamar hotel masih ada.

"Belum lagi ditambah di Lombok Timur dan lainnya. Itu artinya bahwa masih kisaran 50-60 persen kamar terisi, dan ada space sekitar 40-50 persen yang masih tersedia di spot-spot utama ini," terangnya. Oleh karena itu, ia menyakini tidak ada kekhawatiran bagi para pengunjung atau penonton WSBK Mandalika untuk mengunjungi atau menonton WSBK Mandalika karena hotel-hotel siap menyambut kedatangan tamu.

Selain itu, Yusron juga mengatakan beberapa hotel yang ada di Senggigi, Mandalika dan Mataram juga menjual paket-paket perjalanan. Sedangkan, turis-turis dari Bali juga siap mengunjungi Gili Trawangan seiring dengan pembukaan penerbangan internasional.

"InsyaAllah pada saat WSBK, akan terisi. Dan diantara para turis asing itu juga ada yang menonton WSBK,” ucapnya. Terkait potensi kenaikan harga kamar hotel, ia mengatakan saat ini di kawasan utama para penonton menginap seperti di Senggigi, Mataram maupun Mandalika masih berada relatif pada kisaran harga normal. "Kalaupun terjadi kenaikan harga, itu wajar. Akan tetapi kenaikannya sangat normal," katanya. (antara/ket/jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: