Layanan MCS BPJS Kesehatan Beri Pelayanan Hingga ke Pelosok Desa

Layanan MCS BPJS Kesehatan Beri Pelayanan Hingga ke Pelosok Desa

--

PRABUMULIH, SUMEKS.CO- Pelayanan prima terus diupayakan BPJS Kesehatan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Salah satu upaya yang dilakukan BPJS Kesehatan dalam menjangkau peserta yang berada jauh dari kantor BPJS Kesehatan.

Melalui layanan Mobile Customer Service (MCS) yang merupakan salah satu satu inovasi yang bertujuan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat.

Kali ini, BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih menghadirkan layanan jemput bola melalui MCS di Desa Lembak, Kabupaten Muara Enim, Rabu (31/08).

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih, Yulisdina Natalia mengatakan bahwa layanan jemput bola melalui MCS ini dapat memberikan kemudahan kepada peserta yang bertempat tinggal jauh dari lokasi kantor BPJS Kesehatan.

Menurutnya, dengan layanan melalui MCS ini dapat dijadikan sebagai kantor mini yang bergerak untuk menyambangi masyarakat yang ingin mengakses kepesertaan Program JKN. Dirinya berharap kehadiran MCS BPJS Kesehatan mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh peserta yang membuat para peserta JKN kesulitan untuk mengurus kepesertaannya. 

“Pelayanan MCS sama seperti pelayanan di kantor BPJS Kesehatan pada umumnya hanya saja MCS pelayanannya ada di mobil dan di luar kantor BPJS Kesehatan yang tempatnya lebih menjangkau kepada peserta yang memiliki kesulitan akses datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk mengurus kepesertaannya. Dapat dikatakan kita membawakan kantor mini kepada masyarakat untuk dapat mengurus kepesertaan JKN milik mereka,” jelas Yulisdina.

Kunjungan BPJS Kesehatan di Desa Lembak ini mendapatkan respon yang sangat positif dari salah satu peserta yang mengunjungi layanan jemput bola BPJS Kesehatan. Salah satu peserta bernama Nanda Ari Sandi (28) mengungkapkan jika pelayanan MCS ini sangat membantu peserta dalam mendapatkan pelayanan dari BPJS Kesehatan.

“Kami sangat terbantu dengan adanya kegiatan BPJS Keshatan yang membuka layanan kepesertaan di daerah kami, karena dengan adanya MCS ini jadi lebih bisa hemat waktu. Kami tidak perlu jauh-jauh lagi ke kantor BPJS Kesehatan, sehingga lebih efisien waktu,” jelas Nanda.

Nanda juga mengatakan bahwa dirinya diarahkan untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN di Play Store atau App Store. Melalui aplikasi ini peserta dapat mengakses informasi seputar Program JKN diantaranya, kartu digital, status kepesertaan, perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, antrean online, skrining kesehatan dan lainnya.

“Alhamdulillah sudah terinfo mengenai Aplikasi Mobile JKN, sekarang untuk mengakses layanan JKN cukup melalui Aplikasi Mobile JKN saja. Namun jika masih menemukan kendala dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165, Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA) di nomor 08118165165 atau datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat. Informatif dan sangat membantu sekali,” ungkap Nanda. (RW/df)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: