Hari Tanpa Bayangan, Matahari Tepat di Khatulistiwa

Hari Tanpa Bayangan, Matahari Tepat di Khatulistiwa

Indonesia letak geografis berada pada 6o Lintang Utara (LU) hingga 11O Lintang Selatan (LS) dan membelah garis khatulistiwa (0o). Memungkinkan Matahari untuk pada suatu titik tepat berada tegak lurus di atas kita (BRIN)--

SUMEKS.CO, Ini kabar baru.  Sang Surya, matahari akan tepat di atas garis khatulistiwa alias ekuinoks (equinox) di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat 23 September. 

Fenomena ini pun memicu hari tanpa bayangan.

Menurut peneliti di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Suraina mengatakan fenomena tanpa bayangan atau kulminasi Matahari ini lazim sebagai efek revolusi Bumi.

"Kulminasi matahari menjadi peristiwa tahunan yang terjadi akibat revolusi bumi mengitari matahari memiliki sumbu rotasi yang bergeser sekitar 23 derajat," ujarnya dikutip situs BRIN.

Dengan lokasi geografis Indonesia, Matahari akan berada tepat di atas Indonesia dua kali setahun. Pertama, sudah terjadi pada 21 Februari hingga 5 April. Kedua, mulai terjadi sejak 7 September hingga 21 Oktober 2022.

Suraina menjelaskan Matahari berada pada ketinggian maksimum (puncak kulminasi) di Pontianak pada hari ini, Jumat 23 September pukul 11.35.10 WIB.

BACA JUGA:Petugas Lapas Pagar Alam Amankan Barang di Duga Ganja

Untuk diketahui, Pontianak merupakan salah satu kota yang berada di garis khatulistiwa. Kerena itu Pontianak dikenal sebagai kota khatulistiwa karena dilalui oleh garis lintang 0 derajat.

Bagi pengamat yang berada di garis khatulistiwa, matahari akan berada tepat di atas kepala saat tengah hari pada hari tanpa bayangan.

Suraina menjelaskan ketika matahari tepat berada di titik Zenit atau di atas kepala, tidak ada bayangan yang terbentuk oleh benda tegak tidak berongga saat tengah hari.

"Sehingga fenomena ini disebut juga sebagai Hari Tanpa Bayangan Matahari," tuturnya.

Sebelumnya, Periset dari Pusat Riset Antariksa BRIN Andi Pangerang menjelaskan, karena nilai deklinasi Matahari sama dengan lintang geografis wilayah Indonesia, Matahari akan berada tepat di atas kepala kita saat tengah hari.

"Ketika Matahari berada di atas Indonesia, tidak ada bayangan yang terbentuk oleh benda tegak tidak berongga saat tengah hari, sehingga fenomena ini dapat disebut sebagai Hari Tanpa Bayangan Matahari," katanya.

Fenomena ini, kata Andi, dapat diamati dari berbagai wilayah di Indonesia dalam waktu yang berbeda tergantung dari letak geografis masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: