Kapolri Jadi Warga Kehormatan Kostrad

Kapolri Jadi Warga Kehormatan Kostrad

Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Maruli Simanjuntak. foto: dok humas polri--

JAKARTA, SUMEKS.CO - Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) memberikan penghargaan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

Ya, orang nomor satu di Korps Bhayangkara itu dikukuhkan sebagai warga kehormatan keluarga besar Kostrad.

Pengukuhan dilakukan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak. Adapun penyematan baret dan brevet warga kehormatan Kostrad terhadap Jenderal Listyo tersebut dilaksanakan seusai upacara penutupan latihan standardisasi prajurit Kostrad di Pantai Palangpang, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa 13 September 2022.

"Hari ini adalah hari istimewa. Karena pada saat pelantikan penutupan latihan ini Bapak Kapolri berkenan untuk menjadi keluarga besar Kostrad. Beliau juga akan kami sematkan kualifikasi cakra," kata Maruli dalam keterangannya, Selasa.

BACA JUGA:Tiga Pati Kodam Mutasi, Irdam Pindah ke Kostrad

Maruli mengatakan pengukuhan warga kehormatan tersebut karena Listyo Sigit dinilai sebagai sosok yang berintegritas dan berdedikasi dalam pengabdian kepada bangsa Indonesia. "Oleh karena itu, saya atas nama keluarga besar Kostrad mengucapkan terima kasih atas kesediaan Bapak Kapolri untuk menjadi keluarga besar Kostrad," ujar Maruli. 

Menurut Maruli, Kostrad dan Polri merupakan ujung tombak dalam rangka menjunjung dan mempertahankan persatuan dan kesatuan negara Indonesia.  Sebab, kata dia, TNI dan Polri terus bersinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta mempertahankan kedaulatan bangsa. 

"Bukan hal baru kami bekerja sama dengan kepolisian baik di perkotaan maupun kami hadapi separatisme. Kami kerja sama, berjalan bertahun-tahun dan berjalan dengan baik," ujar Maruli.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan apresiasi atas pengukuhan menjadi warga kehormatan keluarga besar Kostrad itu.

BACA JUGA:Ini Perjalanan Karier Calon Pangkostrad Pengganti Dudung

"Hari ini saya sangat bangga bisa menyaksikan langsung latihan standardisasi yang hari ini ditutup. Alhamdulillah hari ini saya selaku Kapolri mendapatkan kehormatan luar biasa," kata Listyo.

Eks Kabareskrim Polri itu mengatakan adanya pengukuhan tersebut merupakan wujud nyata terbentuk dan terjaganya sinergitas serta soliditas antara TNI-Polri, yang selama ini sudah berjalan dengan baik.

Selama ini, kata Listyo, Kostrad dan Polri terus bersinergi dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman terhadap seluruh rakyat, bangsa dan negara Indonesia, dari segala bentuk gangguan maupun ancaman yang ada.  

"Selama ini kami telah bertugas bersama-sama TNI khususnya Kostrad banyak membantu di dalam melaksanakan tugas-tugas yang dilaksanakan oleh kepolisian. Kami bersama-sama menghadapi musuh-musuh negara, gangguan kamtibmas yang akan mengancam masyarakat baik di kota, gunung-gunung, perbatasan  dan daerah-daerah terpencil," ujar Listyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: