Terjaring OTT KPK, Bupati Mimika Diterbangkan ke Jakarta

Terjaring OTT KPK, Bupati Mimika Diterbangkan ke Jakarta

Eltinus Omaleng diterbangkan ke Jakarta dari Bandara Sentani, Kamis 8 September 2022. foto: dok pribadi--

JAYAPURA, SUMEKS.CO - Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), akhirnya dibawa penyidik lembaga antirasuah itu ke Jakarta, Kamis 8 September 2022 pagi. 

Hal itu dikatakan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Papua Kombes Faizal Rahmadani. Dia mengatakan bahwa penyidik KPK sudah membawa Bupati Omaleng dengan pesawat komersil ke Jakarta.

“Saat ini pesawat yang ditumpangi penyidik KPK dan Bupati Omaleng sudah terbang ke Jakarta dikawal anggota Brimob Polda Papua,” kata Faizal Rahmadani  kepada ANTARA di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis 8 September 2022.

Pantauan ANTARA Bupati Mimika Eltinus Omaleng menuju pesawat, tidak naik pesawat melalui pintu gerbang umum. Untuk mengalihkan perhatian publik, sejumlah anggota Brimob Polda Papua dengan menggunakan mobil rantis siaga di parkiran Bandara Sentani. Bupati Mimika Eltinus Omaleng ditangkap KPK pada Rabu (7/9), di salah satu hotel di kawasan ruko Jayapura, Papua.  Setelah diamankan, Eltinus langsung dibawa ke Mako Brimob Polda Papua di Kotaraja, Jayapura. 

BACA JUGA:Diam-Diam KPK Selidiki Kasus Korupsi PT SMS Milik Pemprov Sumsel

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri sebelumnya membenarkan adanya penangkapan tersangka KPK yang menjabat Bupati Mimika di Jayapura terkait kasus dugaan korupsi pembangunan Gereja Kingmi di Mile 32 di Timika. Sebelumnya Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak praperadilan yang dilakukan pemohon Bupati Mimika Eltinus Omaleng tertanggal 25 Agustus 2022.

Dugaan kasus korupsi pembangunan Gereja Kingmi di Mille 32, Mimika, Papua, Tahun Anggaran 2015 hingga kini masih dalam penyelidikan KPK.

Pembangunan Gereja Kingmi yang berlokasi di Mille 32 Timika menelan anggaran sekitar Rp160 miliar dan lebih dari 30 orang saat ini telah dimintai keterangan oleh penyidik KPK. (antara/jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: