Baznas Palembang Bedah Rumah Zainuddin Haris, ini Anggarannya

Baznas Palembang Bedah Rumah Zainuddin Haris, ini Anggarannya

Zainuddin Haris bersama Sekda Ratu Dewa di depan rumah yang dibedah. foto: m naba anwar sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa meresmikan bedah rumah warga Zainuddin Haris yang terletak di Jl Balap Sepeda, Lr Muhajirin 1, Kelurahan Lorok Pakjo, Kecamatan Ilir Barat Satu Palembang, Senin 29 Agustus 2022 siang.

Peresmian bedah rumah atas bantuan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palembang.

"Alhamdulillah hari ini kita peresmian dan penyerahan rumah dari hasil bedah rumah oleh Baznas Kota Palembang kepada Zainuddin. Ini sebagai tanda dan wujud kepedulian dari Pemerintah kota melalui Baznas," kata Ratu Dewa kepada SUMEKS.CO.

Ratu Dewa menjelaskan, kediaman Zainudin Haris sebelumnya kurang layak huni, berhasil disulap menjadi sebuah rumah nyaman bagi keluarga usai dilakukannya rehab oleh Baznas kota Palembang.

BACA JUGA:Ridho Yahya Bakal Hentikan Program Bedah Rumah ?

"Tentunya banyak program lain yang sudah digagas dan diimplementasikan oleh Baznas kota Palembang, seperti contoh hari ini bedah rumah yang ke-25. Insya Allah dengan bedah rumah ini dapat membantu Zainuddin berserta keluarga, sehingga bisa lebih nyaman dalam menjalani kehidupannya," jelasnya.

Sementara, Ketua Baznas Kota Palembang, Kgs Ridwan Nawawi menuturkan, dengan anggaran Rp39 juta, Baznas Kota Palembang telah berhasil melakukan rehab rumah yang ke-25, yakni rumah milik Zainudin Haris.

"Memang banyak sekali yang mengajukan. Kami ada dua kategori, yang pertama itu bedah dan yang kedua rehab, kalau bedah itu seluruhnya dirombak," ujarnya.

Ridwan Nawawi mengungkapkan, perbedaan antara bedah dan rehab juga dapat dibedakan melalui ukuran, yakni dengan tipe 36 untuk bedah dan tipe 21 untuk rehab.

BACA JUGA:Yuk, Ikut Sunat Massal Gelaran PCNU-Baznas Kota Palembang

"Kalau Ini tipe 21, tetapi bisa dibuat 2 kamar, jadi memang pola bangunannya ini bukan tipe 36 tetapi 21. Kalau rehab ini 39 juta tetapi kalau bedah itu 70 juta. Dengan bangunan batu bata dan plester luar dalam," ungkapnya.

Lanjut Ridwan Nawawi, dalam program bedah rumah dan program rehab rumah itu sendiri, Baznas Kota Palembang telah memprogramkan sebanyak 12 rumah untuk bedah dan 12 rumah untuk rehab di setiap tahunnya. 

"Itu target selama satu tahun, jadi dalam satu bulan itu ada satu rumah rehab dan satu rumah bedah. Dan ini terus dilakukan sejak tahun 2017," ucapnya.

Ridwan Nawawi menyebutkan kriteria warga Kota Palembang yang dipilih untuk dapat dilakukan bedah rumah oleh Pemkot Palembang yakni fakir miskin dengan kondisi rumah yang tidak layak huni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: