Peringati HUT Kemerdekaan RI, Kanwil Kemenkum HAM Gelar Lomba Tradisional

Peringati HUT Kemerdekaan RI, Kanwil Kemenkum HAM Gelar Lomba Tradisional

Lomba bakiak beregu memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 yang digelar Kanwil Kemenkum dan HAM Sumsel, Kamis (18/8). foto: istimewa--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 sekaligus menyambut Hari Dharma Karya Dika (HDKD) ke-77, Kanwil Kemenkum dan HAM Sumsel menggelar kegiatan berbagai perlombaan tradisional, Kamis (18/8).

Bertempat di lapangan tenis Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IA Palembang, kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Kanwil Kemenkum dan HAM Sumsel, diantaranya Rutan/Lapas, Bapas serta Imigrasi.

Adapun perlombaan olahraga tradisional yang digelar yakni lomba bakiak, lomba panjat pinang, lomba balap karung, serta lomba gaplek.

Seluruh peserta mengikuti perlombaan  dengan penuh semangat sebagai bentuk rasa cinta tanah air dan memiliki jiwa nasionalisme kepada NKRI serta tetap menjunjung tinggi sportivitas dalam pelaksanaan perlombaan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkum dan HAM Sumsel, Bambang Haryanto mengatakan kegiatan ini selain bertujuan mempererat silaturrahmi sesama pegawai, juga bertujuan melestarikan kebudayaan.

"Sengaja kami memilih lomba-lomba tradisional ini bertujuan melestarikan budaya yang harus kita jaga, kalau bukan kita siapa lagi," kata Bambang Haryanto didampingi Karutan Klas IA Pakjo Palembang BO Situngkir diwawancarai di sela-sela kegiatan.

Diungkapnya juga bahwa, kegiatan perlombaan tradisional ini merupakan rangkaian acara menjelang HDKD ke-77, yang sebelumnya juga telah diadakan lomba sepeda di Kantor Imigrasi Jakabaring Palembang.

Dilanjutkannya, puncak HDKD ke-77 sendiri akan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 19 Agustus 2022 yang akan digelar di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Palembang. (fdl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: