Ini Tips Saat Berbelanja Online Agar Terhidar dari Penipuan

Ini Tips Saat Berbelanja Online Agar Terhidar dari Penipuan

Ilustrasi: Ardissa Barack/JPNN.com--

SUMEKS.CO - Dalam beberapa tahun terakhir, transaksi jual beli secara online jadi sebuah gaya hidup baru dengan tujuan mengefisiensi tenaga dan waktu.  

Kehadiran berbagai e-commerce, marketplace, hingga online shop yang kian menjamur kini perlahan mulai mengubah kebiasaan masyarakat modern dunia, khususnya masyarakat di Indonesia dalam berbelanja. 

Belanja apa pun kini bisa langsung dalam sekali klik dengan begitu mudah selama ada koneksi internet. Alhasil, orang-orang jadi tak perlu repot lagi datang ke pusat perbelanjaan dan mengantre untuk membayar. 

Akan tetapi, di balik segala kemudahannya, kegiatan berbelanja online nyatanya juga memiliki kekurangan yang dapat membuat konsumen merugi, di mana salah satunya adalah maraknya kasus penipuan

BACA JUGA:2 Sindikat Penipuan Online yang Ditangkap Siber Polda Sumsel Berstatus Napi, 1 Meninggal Akibat Covid

Penipuan bukanlah hal yang baru dalam dunia transaksi jual beli online, bahkan kerap kali terjadi karena kurangnya kewaspadaan dan ketelitiankonsumen saat memilih lapak atau penjual. 

Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya penipuan saat berbelanja online, ini 5 tips mudah yang bisa kamu cermati:

1.Pilih Situs Website yang Terpercaya

Saat memutuskan beli suatu barang secara daring, pastikan untuk membelinya melalui toko online di sebuah situs website yang terpercaya. 

Dan saat ingin membeli barang dari toko online yang ada di media sosial, cek pula apakah toko tersebut telah tersedia di marketplace/e-commerce resmi, sebab tak menutup kemungkinan terjadinya penipuan meski toko tersebut tampak meyakinkan. 

BACA JUGA:Korban Penipuan, Jedar Mengaku Rugi Rp 9,8 M

Karena selain meningkatkan kredibilitas si penjual, belanja online melalui marketplace/e-commerce yang trusted juga lebih aman karena pengelola situs-lah yang menjadi perantara sekaligus penjamin saat konsumen dan penjual melakukan transaksi. Jadi, apabila ada hal-hal yang kurang berkenan, konsumen dapat melaporkannya langsung ke pengelola situs untuk ditindaklanjuti. 

Pastikan juga menggunakan koneksi internet yang stabil, First Media agar pengalaman belanja online tidak mengalami kendala.

2.Periksa Reputasi Penjual atau Toko Online

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: firstmedia.com