Kalahkan Vietnam 2-0, Australia Juara AFF U-18 Wanita

Kalahkan Vietnam 2-0, Australia Juara AFF U-18 Wanita

Timnas Australia berhasil menjadi juara Piala AFF U-18 Womens Championship 2022. Foto : edy/sumeks.co--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Timnas Australia berhasil menjadi juara Piala AFF U-18 Womens Championship 2022 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor akhir 2-0.

Partai Final AFF U -18 Womens Championshop 2022 mempertemukan Australia Vs Vietnam. Bertanding di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Kamis (4/8) pukul 20.00 WIB.

Menit babak pertama berlangsung timnas Autralia melakukan penetrasi serangan dari sisi kiri pertahanan Vietnam. Mary Stanic Floody menggiring bola umpan dari Sienna Saveska di menit ke 4 membuat pertahanan Vietnam yang dijaga Ho Thi Than Thau kualahan. Beruntung bola masih bisa diamankan dengan baik.

Laga terus bergulir 10 menit babak pertama Autralia terus mendominasi jalannya pertandingan. Menit ke 14 Vietnam tak ingin memberi celah bagi pemain Australia untuk memberikan serangan.

BACA JUGA:Bantai Brunei 10-0, Timor Leste Geser Thailand dari Puncak Klasemen Grup B Piala AFF U-16

Nomor punggung 10 Ngoc Minh Chuyen bekerjasama Loo Hoang Van untuk menembus pertahanan Australia. Ngoc Minh Chuyen berhasil mengambil kesempatan di menit 17 dengan melesatkan bola ke arah gawang namun sayang masih di mementur pemain Australia.

Menit ke 26, Australia mendapatkan kesempatan setelah Sienna Saveska menendang bola dari luar kotak penalti. Namun, bola yang dilesatkan masing menyamping gawang sebelah kanan Nguyen Phuong Thao.

Terus memberikan tekanan, akhirnya gol tercipta di menit ke 39 melalui Sienna Saveska. Tendangan kerasnya tak mampu dihalau penjaga gawang Vietnam yang dijaga Nguyen Phuong Thao. Skor 1-0 keunggulan untuk Australia.

Menjelang akhir minum, Australia kembali mendapatkan kesempatan dari Siver Bell Morris. Dia menggiring bola dari sebelah kanan pertahanan Vietnam dan bola diumpan kedalam kotak penalti. Namun, umoan tersebut tak berhasil dijangkau oleh Mary Stanic Floody. Hingga turun minum babak pertama skor tetap 1-0.

BACA JUGA:Lumat Habis Malaysia di Piala AFF U-18 Womens, Australia Menang Telak 8-0

Memasuki babak kedua, Vietnam berbalik mengancam Australia. Hoang Thi Ngoc Anh hampir menyamai kedudukan di menit ke 47 setelah berhasil lolos dari penjagaan Ella Abdul Massih. Peluang tersebut tak mampu menyamai kedudukan karena bola yang ditendang melambung di atas mistar gawang.

Alih-alih menyamai kedudukan, Vietnam justru kembali kebobolan di menit ke 52. Skil cantik diperlihatkan Maya Lombo berhasilengecoh dua pemain belakang Vietnam. Bola tersebut diumpan ke Mary Stanic dan berhasil melesatkan bola tepat kearah gawang tanpa bisa dihalau penjaga gawng Vietnam. Skor berubah menjadi 2-0.

Penguasaan bola sepenuhnya dikuasai pemain Autralia. Di menit ke 73 Vietnam mencoba mencari celah namun dengan sigap Tegan Celia menghalau Nguyrn Thi Hai Yen. Serangan demi serangan terus dibangun pemain Vietnam.

Menit ke 82 tempo permainan tim Vietnam menurun. Terlihat beberapa pemaim sudah mulai kelelahan. Menit ke 85 Vietnam berbalik digempur pemain Australia. Serangan tersebut belum mampu menambah keunggulan.

BACA JUGA:Piala AFF U-18 Women, Australia Libas Filipina

Hingga menit tambaham waktu yang diberikan wasit skor tetap tak berubah tetap 2-0 keunggulan untuk Australia. Dengan begitu, Australia memastikan untuk menjadi juara Piala AFF U-18 Womens Championship 2022. (edy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: